• Editor

Ternyata Scorpio Scrambler Ini Motor Kantoran Lho

"Si pemilik pengin punya motor yang masih berbau off-road buat transportasi harian ke kantor. Nah dari situlah, konsep Scrambler nakal tapi keren ini kami buat." (Ariawan Wijaya - Baru Motor Sport Jakarta)

OTOPLUS-ONLINE I Terlihat nakal, tapi tetap keren, kekar, dan laki banget. Begitulah kesan pertama yang muncul saat melihat motor bergaya Scrambler berbasis Yamaha Scorpio, garapan Baru Motor Sport (BMS) Jakarta ini.

"Konsep itulah yang kami angkat untuk memenuhi keinginan Bapak Deddy, selaku pemilik motor," buka Ariawan Wijaya, owner bengkel yang ada di kawasan Jl. Palmerah Barat, Jakarta Pusat ini.


Ditambahkannya, Deddy ini doyan banget sama hal-hal terkait motor trail dan off-road. "Sampai-sampai, dia pengin punya motor yang masih berbau off-road buat transportasi harian ke kantor. Nah dari situlah, konsep Scrambler nakal tapi keren ini kami buat," tukas Ari.

Untuk mewujudkan hal itu, sub-frame bagian belakang yang menopang jok dipotong semua, untuk kemudian dibuatkan dan dibentuk ulang menyesuaikan konsep Scrambler.

"Khusus swingarm kita custom supaya bisa muat pelek belakang yang kami ambil dari Honda CB400 dengan diameter cukup lebar 4.5x17, yang dibalut ban Shinko Big Block ukuran 150/80-17," tunjuk Ari sambil menambahkan tujuan rombakan pada kaki-kaki ini adalah untuk mendapat kesan kekar.

Sementara untuk kaki bagian depan, juga pakai pelek CB400 yang punya ukuran lebar 3.5x17, dan juga dibalut ban Shinko Big Block 130/80-17. "Tidak ada masalah karena kami juga pasang fork depan CB400, sehingga kaki-kaki sektor depan juga terlihat kekar dan gambot," kata Ari.

Lebih lanjut Ari mengatakan, perubahan frontal justru ada pada bodi yang diganti total. "Ini penting untuk mendapatkan look yang kita inginkan. Mulai dari tangki, bodi belakang, sepat bor depan - belakang semua diganti total," kata Ari.

Karena digunakan untuk pemakaian harian, maka performa mesin tak luput dari pembenahan. "Selain ganti karbu baru, kelistrikan juga dibenahi lewat pemasangan CDI BRT, serta kampas kopling racing, sehingga tarikan tetap dapat kayak motor standar, meskipun dengan kaki-kaki gambot," tutup Ari.


Data modifikasi:

Fork depan: Honda CB400 Pelek depan: Honda CB400 3.5x17 Pelek belakang: Honda CB400 4.5x17

Swingarm: custom Ban depan: Shinko Big Block 130/80-17 Ban belakang: Shinko Big Block 150/80-17

Kaliper depan: Brembo double Headlight: Daymaker Stang: Fatbar


Bengkel: Baru Motor Sport (BMS)

WA: 081317888360 (Public Relations)

Telpon: 081915113717 (admin)

Web : www.barumotorsport.com

Alamat: Jl. Palmerah Barat no. 25A. Jakarta Pusat

Teks: Indramawan

Foto: BMS