• Editor

Tips Aman Dibonceng


Kadang masih ada anggapan, helm hanya penting dipakai bagi pengendara. Tidak terlalu penting bagi orang yang dibonceng. Selain itu, terutama bagi wanita, kadang ketika dibonceng posisi badan menghadap ke samping. Lantas bagaimana yang benar?


Dimas Satria Kelana selaku instruktur safety riding PT. Mitra Pinastika Mulia (MPM) selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT mengatakan, bagi boncengers ada teknik tersendiri ketika dibonceng.


“Saat dibonceng, kita harus tetap menggunakan perlengkapan berkendara. Sebab resiko sangat tinggi jika terjadi kecelakaan,” kata Dimas sambil merinci perlengkapan yang perlu digunakan, yaitu helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Pada moment hari Kartini di bulan April ini, instruktur safety riding PT. MPM distributor berbagi tips safety riding, khusus bagi pengendara wanita maupun boncengers.

Selain itu, posisi saat dibonceng juga tak kalah penting. “Pada saat dibonceng duduklah seperti layaknya berkendara. Badan menghadap ke depan dan tidak disarankan duduk menyamping. Berpeganglah kepada pengendara depan, atau pegang handgrip belakang atau samping,” pesan Dimas yang juga berpesan untuk selalu melihat kondisi di depan, agar juga memahami arah yang dituju.


“Selain itu, periksa selalu kondisi kendaraan sebelum dipergunakan,” tutup Dimas.


Naskah: Indramawan

Foto: MPM for OTOPLUS-ONLINE