• Editor

Tips Trabasan: Pasang Tensioner Agar Kepala Silinder Enggak Kendor


Pengalaman tak mengenakkan dialami Aris Purwanto saat ber-adventure trail blusukan ke hutan. Suzuki TS 125 tunggangannya tiba-tiba ngempos kehilangan tenaga, lemah tanpa daya. Dan sialnya ini terjadi di tengah hutan. Waduhhh...

Saat dilakukan pengecekan, ternyata penyebabnya baut kepala silinder kendor dan nyaris lepas. Akibatnya motor kehilangan tenaga.


”Ini terjadi karena mesin asli TS sudah di-bore up sehingga kompresi lebih padat dan tinggi. Saat mesin dihajar di medan berat cylinder head tidak kuat menahan kompresi,” papar Cucuk Eka, si mekanik.


Supaya kejadin tak terulang lagi, mekanik yang akrab disapa Gawenk ini membuat cylinder head tensioner. “Alat ini bisa disetel kekencangannya untuk menekan cylinder head sehingga meskipun baut kendor namun tak sampai lepas dan tetap pada tempatnya”, terang punggawa Wenk Speed Pati ini.

Cara pembuatan dan bahannya pun cukup sederhana. Hanya butuh 2 biji baut ukuran 14 mm panjang 6 cm berikut mur dan plat besi tebal 0,5 cm. Sambungkan dengan menggunakan las listrik supaya lebih kuat.


“Setel mur untuk memperoleh kekencangan yang diinginkan,” tutur Gawenk. Wah bisa dicoba nih.


(Naskah & Foto : dJansen)