• Editor

Trailveller Ramadhan Social Ride Sukses Ajak Komunitas Berdonasi Sambil Ikuti Time Rally

Berdonasi sambil riding ala fun rally jadi mainan baru komunitas roda dua yang digagas Trailveller dan disupport oleh OTOPLUS-ONLINE.

OTOPLUS-ONLINE I Kegiatan ngabuburit sambil berdonasi dalam bentuk reli keliling kota berhasil dikemas dengan apik oleh Trailveller pada 25 April 2021 kemarin.


Menurut Hari Wicaksono dari Trailveller, konsep menggabungkan fun rally dengan kegiatan berdonasi ini masih baru dan belum pernah ada sebelumnya untuk pengendara motor atau bikers.

Firman Permana selaku GM Surabaya Suites Hotel (kiri) bersama Hari Wicaksono dari Trailveller


“Jadi ketika saya minta komentar dari peserta tadi, bilangnya asyik karena ada tantangan mencari rute sambil pecahkan teka-teki yang diberikan. Mereka juga mengatakan ini adalah pengalaman baru yang menyenangkan sehingga berharap berlanjut untuk ke depannya,” tutur Hari.

Technical meeting diberikan kepada sponsor dan juga peserta pada Jumat, 23 April 2021 di Surabaya Suites Hotel


Sesuai dengan regulasi pelaksanaan Trailveller Ramadhan Social Ride yang telah disosialisasikan sebelumnya melalui Technical Meeting (TM) pada Jumat, 23 April 2021, selain peserta wajib memenuhi kelengkapan lalu lintas untuk sepeda motor dan wajib menerapkan safety riding seperti memakai helm, dan juga protokol kesehatan yakni memakai masker dan membawa hand sanitizer, peserta juga diberikan petunjuk teknis pelaksanaan.

Pemberangkatan peserta dengan jeda 1 menit untuk hindari kerumunan


Pertama peserta start satu per satu dengan jeda 1 menit, dan kemudian mengikuti rute rally berupa kunjungan ke pos dengan membawa kartu kontrol, untuk diberikan stempel pada tiap pos yang dikunjungi.

Kesibukan peserta menyelesaikan soal yang diberikan di tiap pos


Dari sini akan terlihat kelengkapan pos yang harus dikunjungi. Beberapa pos yang harus dikunjungi diberikan via feed intagram (Trailveller, Surabaya Suites Hotel, dan sponsor yang lain).

Soal yang diberikan untuk menemukan pos yang harus dikunjungi ini beberapa berkaitan dengan sejarah kota Surabaya. Misalnya, peserta diberikan soal untuk menemukan lokasi Makam Bupati Pertama Surabaya yaitu Kandjeng Adipati Kromodjojodirono I atau Raden Gloendoeng, yang menjabat pada tahun 1819 hingga 1825.

Salah satu pos adalah makam Bupati pertama Surabaya yang belum banyak diketahui orang


Makam ini terletak diseberang Stasiun Surabaya Kota (SB) atau yang lebih populer dengan stasiun Semut, tepatnya di Masjid Nurul Ihsan.

Peserta diberikan tantangan slalom berupa angka 8 dan zig-zag dengan menggunakan NMAX dan Aerox sekaligus untuk membuktikan performanya, dengan didampingi instruktur YRA (Yamaha Riding Academy)

Selain itu, ada juga pos kunjungan ke sponsor, yang memberikan tantangan khusus kepada peserta. Misalnya di Pos Yamaha Jatim yang ada di Yamaha Land, Jl Basuki Rahmat, Surabaya. Pada kesempatan ini, peserta diberikan kesempatan melibas trek slalom dengan menggunakan dua unit motor, yaitu Yamaha NMAX dan Aerox yang telah disediakan oleh Yamaha Jatim.

Rocky Lumintang (kanan) bersama Koh Adrian, peserta Ramadhan Social Ride setelah merasakan NMAX dan Aerox


Rocky Lumintang salah satu peserta dari komunitas ADV Owners Sidoarjo dan juga bergabung di AT (Automatic) Brothers Surabaya yang merupakan komunitas all varian untuk motor matik 150cc ke atas memanfaatkan momen ini untuk menjajal NMAX dan Aerox.


"Terus terang untuk kenyamanan, kalau saya bandingkan Aerox dan NMAX yang saya coba tadi dengan ADV 150 memang kalah. Tapi kalau soal tarikan, jujur Yamaha memang the best untuk performa," tutur Rocky yang baru saja melaksanakan turing dari titik nol Sabang.

Pos pengambilan paket donasi ada di stasiun radio Global FM


Setelah itu, peserta lanjut mengunjungi pos yang ada di stasiun radio Global FM untuk mengambil paket donasi untuk kemudian diantar ke Panti Asuhan Karimah di komplek Makam Kembang Kuning Surabaya.

Paket donasi kemudian dibawa masing-masing peserta untuk diserahkan ke Yayasan Panti Asuhan Karimah di kawasan Makam Kembang Kuning Surabaya


Dan setelah itu seluruh peserta kembali ke lokasi finish di Surabaya Suites Hotel. Sambil menunggu waktu berbuka dan juga pengundian pemenang, mereka dihibur musik akustik dan juga games, serta tak ketinggalan fasilitas servis sepeda motor yang disiapkan oleh Planet Ban.

Setibanya di lokasi finish, peserta disambut live music akustik, games, dan layanan servis dari Planet Ban. (Bawah) Gusman Adiwoso selaku Koordinator Marketing and Comercial Planet Ban


"Ini activity yang bagus, unik, dan positif dan karena itulah kenapa Planet Ban turut ambil bagin dalam kegiatan sosial yang dikenas dalam konsep baru ini," tutur Gusman Adiwoso selaku Koordinator Marketing and Comercial Planet Ban.

Christina Hastowo bersama tim Yamaha Jatim


Hal senada dituturkan Christina Hastowo selaku Public Relation Yamaha Jatim. "Kita tertarik untuk beraktivitas sosial seperti pemberian donasi selama Ramadhan ini. Dan kita lihat, ini ada komunitas yang bikin aksi serupa. Jadi kita support karena sejalan dengan visi misi Yamaha, sekaligus merangkul komunitas yang lain," ujar Christin sambil mengajak semua brand untuk terlibat dalam aksi berbuat kebaikan seperti ini.

Foto bersama panitia penyelenggara dari Trailveller dan OTOPLUS-ONLINE selaku media partner bersama para sponsor di akhir acara.


Dan akhirnya, segenap panitia Trailveller Ramadhan Social Ride mengucapkan terima kasih kepada semua komunitas motor yang turut terlibat, serta sponsor yang telah mendukung suksesnya acara ini.


Thanks to:

  • Surabaya Suites Hotel

  • Yamaha Jatim

  • Planet Ban

  • BOLD Riders

  • Ayurveda AV

  • Crystalline Mineral Water

  • Nivea

  • Surabaya Performance

  • Global FM

  • Ini Surabaya

  • OTOPLUS-ONLINE


Teks: Indramawan

Foto: Tim Ramadhan Social Ride