• Editor

Trend Modifikasi 2021: Gaya Dual Purpose Makin Diminati

Dual purpose adalah jenis motor yang didesain untuk bisa digunakan di lintasan aspal (on-road) dan tanah (off-road).

Flat tracker, street tracker, dan scrambler adalah beberapa gaya dual purpose yang bakal menjadi trend di tahun 2021 ini


OTOPLUS-ONLINE I Modifikasi motor dual-purpose sepertinya bakal semakin diminati di tahun 2021 ini. Hal ini dipicu semakin banyaknya ragam pilihan motor yang ditawarkan Agen Pemegang Merek (APM).

Kawasaki merilis W175TR berkonsep street scrambler untuk memperkuat line up yang sebelumnya dihuni W175SE dan W175 Cafe


Kalau dulu mungkin kita hanya mengenal Kawasaki KLX150, maka kemudian Honda pun ikut hadir menawarkan CRF150L, dan disusul kemudian oleh Yamaha yang hadir bersama WR 155.

New Honda CRF150L dan Yamaha WR155 ikuti jejak Kawasaki KLX di segmen motor dual purpose


Tak hanya merek Jepang yang mengisi segmen ini. Pabrikan seperti BMW pun ikut meramaikan segmen niche market ini dengan 310 GS. Lalu ada juga Royal Enfield Himalayan, dan juga KTM 390 Adventure.

Merek Eropa seperti KTM 390 Adventure ikut meramaikan segmen niche market dual purpose bike di Indonesia


Gayung pun semakin bersambut, karena olahraga adventure atau trabasan pun semakin diminati komunitas. Bahkan semakin berkembang dengan hadirnya fun race, seperti dirt track atau kadang juga disebut flat track.

Olahraga adventure atau trabasan semakin diminati komunitas


Kiranya ini menjadi alasan penyelenggara event seperti Suryanation Motorland atau Kustomfest mulai memasukkan kegiatan fun race seperti flat track ini ke dalam rundown acara mereka sejak beberapa tahun ini.

Flat track hanya berupa lintasan tanah berbentuk oval


Ya, hanya dibutuhkan lahan berbentuk oval dengan permukaan tanah yang tak harus lebar untuk gelar flat track atau dirt track.

Djoko Iman Santoso, CEO Baja Otomotif Superblock (BOS)


“Menurut saya dengan bertumbuhnya komunitas otomotif yang menggemari flat track saat ini, maka menurut saya, tahun 2021 akan berkembang modifikasi gaya street tracker, yakni gaya modifikasi flat track tapi juga memenuhi peraturan kendaraan bermotor yang digunakan di jalan raya (road legal use),” komentar Djoko Iman Santoso, CEO Baja Otomotif Superblock (BOS).

Latihan bersama di sirkuit permanen flat track yang merupakan salah satu fasilitas di BOS


Seperti yang pernah diinfokan OTOPLUS-ONLINE (Baca: Belum Selesai Sepenuhnya, BOS Sudah Diminati Komunitas dan Industri Otomotif), BOS menyediakan fasilitas berupa trek untuk kegiatan off-road dan extreme sports di kawasan industri Pulogadung.

Komunitas off-road di Surabaya dan sekitarnya juga bakal mempunyai sirkuit permanen karena BOS juga akan didirikan di Driyorejo, Gresik


“Sejak track permanen di BOS ada, animo penggemar flat track mulai perlahan meningkat. Sebab selama ini belum ada track permanen untuk flat track sehingga hobi belum bisa tersalurkan,” lanjut Iman.

Sliding On Sunday yang digelar Gastank Magazine di sirkuit BOS banyak diikuti penggemar flat track


Itulah kenapa begitu ada komunitas mengelar kegiatan latihan bersama seperti SOS (Sliding on Sunday) maupun TNT kuota peserta langsung terisi penuh.


“Dikarenakan masih dalam kondisi PSBB, maka kami mohon maaf jumlah peserta dibatasi sekitar 60 peserta dan semua terisi penuh,” tutur Iman yang juga berbagi info BOS akan segera hadir di Driyorejo, Gresik.

Flat tracker berbasis Yamaha GT80 garapan Minority Custom Motorcycle


Kembali ke trend modifikasi dual purpose ini, Jonathan Evan dari Minority Custom, Surabaya pun sepakat. ”Iyaa bener. Semakin banyak orang yang mulai ingin menggunakan motornya untuk dual purpose. Aspal bisa, jalan makadam juga bisa," info Mas Jon

W175TR Vintage Trail hasil kolaborasi Minority Custom Motorcycle bersama dealer resmi Kawasaki, PT Surapita Unitrans


Ditambahkannya, "Mereka memodifnya jadi flat tracker atau scrambler yang memakai ban dual purpose. Jadi bisa dibuat gaya di jalan, tapi juga main dirt track atau flat track,” kata Mas Jon yang beberapa kali terlibat dalam custom project W175 bersama PT Surapita Unitrans selaku authorized dealer PT Kawasaki Motor Indonesia.

Sinner & Co., bengkel spesialis chopper di Surabaya juga terima order pengerjaan vintage scrambler.


Maraknya modifikasi dual purpose ini juga dibenarkan Ritto Joeliando, builder asal Payakumbuh, Sumatera Barat yang buka bengkel custom di Jakarta, dan dikenal sebagai spesialis motor custom dual purpose, yakni Knuckle Whack Job Custom Religion.

W175TR Flat Tracker Edition garapan Knuckle Whack Job Custom Religion Jakarta atas pesanan Kawasaki Motor Indonesia (Foto: Gastank Magazine)


"Awal 2020 lalu, kita diminta Kawasaki Motor Indonesia terlibat dalam project W175TR Flat Tracker Edition ini, bersama dengan Toro Priant (designer motor custom dari Supido Engine, Red.)," info Otir sapaannya.

Hasil kolaborasi Knuckle Whack Job Custom Religion dan Toro Priant (Foto: Gastank Magazine)


Paling tidak indikasi ini membenarkan bahwa modifikasi bergaya dual purpose bike, seperti flat tracker bakal semakin diminati.


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan, Dok. OTOPLUS-ONLINE, Istimewa