• Editor

Twin Port Cylinder Untuk Yamaha Scorpio

Tetap gunakan blok Scorpio, tanpa merombak komponen bagian dalam.

Saat ini sudah banyak beredar Twin Port Cylinder Head aftermarket untuk motor-motor Honda dari CB hingga Tiger, sehingga meski usung silinder tunggal, tapi keluar 2 pipa knalpot. Mirip Suzuki Thunder 250 yang sudah dilengkapi fitur ini sejak keluar pabrik.


Nah bagi pemilik motor lain non Honda usah kecil hati. “Kita bisa bikin sendiri Twin Port Cylinder Head. Sebab di pasaran, sementara ini yang tersedia hanya untuk motor Honda,” buka Yohanes Marse alias Anes, punggawa bengkel Jowo Kustom yang ada di kawasan Jl. Lontar, Surabaya Barat itu.


Contoh paling gampang ada pada Yamaha Scorpio café racer milik salah satu pelanggan, Rony Surya Atmojo. Menurut Anes, cara bikinnya mudah, sebab bahan tetap menggunakan blok Scorpio, dan tanpa merombak komponen bagian dalam.


“Pertama lubang exhaust asli ditutup, lalu dibuatkan 2 saluran baru untuk gas buang. Setelah itu tinggal dibentuk lagi, termasuk sirip-siripnya,” jelas Anes sambil kasih info, diameter lubang exhaust dibuat lebih kecil dari ukuran Scorpio karena mesin masih standar, dan karena sekarang ada 2 saluran exhaust.


“Diameter lubang exhaust kira-kira 28 mm, atau sama dengan punya GL Max atau GL Pro 160, sehingga performa mesin tidak nggembot,” tutup Anes.


Naskah & Foto: Indramawan