• Editor

Vintage Mini Trail Besutan Anggota Motor Mini Bekasi ini Berbasis Kirana 125cc


OTOPLUS-ONLINE I Dilatarbelakangi kecintaan terhadap motor mini karena unik dan selalu jadi pusat perhatian, Aris, salah seorang anggota komunitas motor mini Bekasi (Monika) terinspirasi memodifikasi Honda Kirana 125cc jadi replika SL 70.

Sebagai info, SL70 adalah motor trail keluaran Honda yang diproduksi tahun 1970-an. “Tapi kita buat dalam versi vintage mini trail,” buka Aris melalui chat Whatsapp-nya kepada redaksi OTOPLUS-ONLINE.

Untuk mengubah motor bebek jadi motor batangan (laki), tentu hampir semua bagian motor mengalami perombakan. “Hanya bagian mesin utuhnya saja yang digunakan. Sementara rangka, tangki dan jok sampai pelek semua diubah total. Jadi orang pasti bingung motor apa aslinya,” kata Aris.

Dimulai dulu dari bagian rangka yang dibuat secara handmade oleh modifikator Little Monkey Garage (LMG) milik Kiki ‘Djisamsoe’ yang bertempat di daerah Rawalumbu, Bekasi. “Sementara part lainnya mengambil dari produk lokal pengerajin dalam negeri,” tunjuk Aris.

Pada bagian kaki-kaki, Aris memakai komponen OEM milik motor lain agar kuat dan aman. Maklum, Aris mengaku punya bobot 80 Kg.


Fork depan misalnya yang diambil dari Yamaha Scorpio agar terlihat gagah. Sementara swingarm milik Suzuki Thunder yang diperkecil menyesuaikan dimensi motor, yang disetting masih bisa buat boncengan bareng istri.


“Sepertinya ini bisa dibilang motor campur aduk, karena bahan-bahannya dari berbagai merek kendaraan,” kekeh Aris yang mengaku masih banyak belajar dalam menggeluti hobi motor mini ini.

Bagian tangki misalnya, didatangkan dari pengerajin asal Surabaya, dari bahan drum bekas agar lebih kuat. Sementara jok dibuat oleh pengrajin lokal.


“Ya namanya juga motor custom semuanya harus dipesan sesuai selera pelanggan agar lebih puas dan nyaman nantinya saat digunakan,” ujar Aris yang merupakan pemilik bengkel Java Jock.

Setelah jadi, motor ini kemudian diberi nama Black Silvi. "Itu karena motor ini memiliki dua warna saja, black (hitam) dan silver. Perpaduan warna tersebut membuat motor ini tetap terlihat manis meski digunakan di segala medan," tutup Aris.


Data Modifikasi:

Mesin: Honda Kirana Rangka: custom Fork depan: Yamaha Scorpio Sokbreker belakang: Honda Swingarm: Suzuki Thunder Tangki: custom Ban: Swallow R 12 Pengereman: Yamaha Scorpio Lampu depan: LED by Abdul Goni Lampu belakang, sein dan part lainnya: parts lokal


Modifikator: Kiki Djisamsoe

Bengkel: Little Monkey Garage / LMG (0877-6487-2606)

Jok: Java Jock (081314487665)


Teks: Indramawan

Foto: Istimewa