• Editor

Wawancara Eksklusif: Indonesia MotoGP Gresini Racing Dipastikan Siap Berlaga 2022

“Tahun depan adalah momen yang tepat karena bertepatan dengan kembalinya rangkaian balap MotoGP ke Indonesia di sirkuit Mandalika,” kata Carlo Merlini, Commercial and Marketing Director Team Gresini Racing.

Fabio Di Giannantonio, selebrasi sampanye merayakan kemenangannya di GP Jerez (2 Mei 2021)


OTOPLUS-ONLINE I Tim Gresini Racing menuai hasil positif pada balap MotoGP Jerez Minggu 2/5/2021 kemarin. Jeremy Alcoba (Indonesia Racing Gresini Moto3) berhasil menyabet podium ketiga dan meraih 16 poin di kelas Moto3 buah insiden kecelakaan di lap terakhir yang melibatkan Denis Oncu (Redbull KTM AJO Moto3), Jaume Masia (Redbull KTM Tech3 Moto3) dan Darryn Binder (Petronas Sprinta Racing Moto3) yang bertarung di barisan terdepan.

Insiden di lap terakhir membuahkan podium ketiga buat Jeremy Alcoba (Indonesia Racing Gresini Moto3)


Sementara di kelas Moto2, Fabio Di Giannantonio (Federal Oil Gresini Moto2) berhasil merebut podium pertamanya lewat Fabio Di Giannantonio (Federal Oil Gresini Moto2).

Aksi Matteo Ferrari, pebalap Indonesian E Racing Gresini MotoE yang tampil luar biasa


Begitu juga di kelas MotoE, Matteo Ferrari, pebalap Indonesian E Racing Gresini MotoE yang mengawali start dari posisi buncit berhasil menduduki posisi keenam.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) berhasil menduduki posisi ke-6


Hasil positif lain juga didapatkan Gresini Racing di kategori MotoGP dimana Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) sukses finis di posisi keenam lewat pertarungan ketat dengan Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP).


Akan menarik menyimak kiprah Fabio Di Giannatonio. Untuk diketahui, dalam kontrak dua tahun (2021-2022) Fabio Di Giannantonio tahun depan sudah dipastikan akan masuk kelas MotoGP bersama Gresini Racing.

OTOPLUS-ONLINE dapat kesempatan virtual conference bersama Fabio Di Giannantonio yang diadakan secara khusus oleh Gresini Racing


Atas undangan Gresini Racing, OTOPLUS-ONLINE berkesempatan melakukan wawancara langsung dengan Fabio Di Giannantonio pada Selasa (4 Mei 2021) secara daring. Berikut cuplikan wawancara kami:

OTOPLUS-ONLINE :

Kamu sudah dipastikan masuk kelas MotoGP, apakah itu memengaruhi motivasimu membalap di kelas Moto2 tahun ini?

Fabio Di Giannantonio :

Tidak akan memengaruhi performaku tahun ini, tapi akan membantuku menjadi lebih focus karena sudah memiliki rencana di masa depan. Sehingga aku dapat menjadi sangat-sangat focus tentang apa yang harus dikerjakan, tentang apa targetku. Kepastian itu akan mendorongku untuk melakukan segalanya secara lebih baik.

OTOPLUS-ONLINE :

Apa saja persiapan yang kamu lakukan mengingat performa MotoGP akan jauh berbeda dengan Moto2?

Fabio Di Giannantonio :

Aku pikir tidak akan begitu banyak berbeda karena sebagai pebalap kita harus menjaga berat tubuh ideal, Saya termasuk memiliki postur tinggi, dan saat ini berat tubuhku agak berlebih karena memiliki otot lebih jika dibandingkan dengan pebalap lain. Aku kira persiapan kurang lebih sama, hanya saja aku harus lebih yakin dengan motor yang lebih kencang dan bertenaga. Aku kira itu hanya masalah waktu untuk membiasakan dengan motor MotoGP.

OTOPLUS-ONLINE :

Siapakah pesaing terberatmu saat ini?

Fabio Di Giannantonio

Aku pikir pesaing terberatku adalah Sam Lowes karena ia memiliki pengalaman luar biasa di ajang Moto2 selain itu tahun ini merupakan tahun keduanya bersama Kalex ELF Marc VDS Racing Team sehingga antara Sam dan timnya sudah sangat saling mengenal dengan baik. Jadi menurutku Sam Lowes lah yang akan menjadi pesaing terberat.


Kerjasama Indonesian Racing dan Gresini Racing

“Kami sudah merasa seperti tim nasional Indonesia yang berpartisipasi di kejuaraan dunia MotoGP,” kata Carlo Merlini, Commercial and Marketing Director Team Gresini Racing


Sebagai info, Indonesian Racing merupakan brand yang dikembangkan oleh perusahaan manajemen olahraga Indonesia, MP1 yang menjalin kemitraan dengan Gresini Racing untuk mensponsori empat tim yang berlaga di kelas Moto3, Moto2, MotoGP dan MotoE tahun 2021.


Tahun 2022 Gresini Racing dipastikan akan berkiprah secara penuh di ajang MotoGP. “Kami sudah menandatangani perjanjian baru dengan DORNA untuk kejuaraan MotoGP dengan membangun proyek baru, tim MotoGP untuk musim balap 2022-2026,” ungkap Carlo Merlini, Commercial and Marketing Director Team Gresini Racing pada virtual conference sebelumnya dengan beberapa perwakilan media Indonesia termasuk OTOPLUS-ONLINE (22 April 2021).


Lebih rinci Carlo menjelaskan, “Kami mulai terhubung dengan Indonesia sekitar 10 tahun yang lalu. Tepatnya saat Gresini Racing mulai berpartner dengan Federal Oil tahun 2012. Waktu itu Gresini Racing sedang mencari area spesifik dimana brand MotoGP kuat, fanbase yang kuat dan merupakan pasar sangat penting untuk semua pabrikan. Karena itulah kami memilih Indonesia.


Saat ini beberapa brand lain asal Indonesia ikut bergabung seperti Aspira, GS Astra, Antangin, Bold Riders dan Riding Style. Kami merasa seperti tim nasional Indonesia yang berpartisipasi di kejuaraan dunia MotoGP.”


Prestasi yang diraih salah satunya pada putaran keempat MotoGP di Jerez (2 Mei 2021) menunjukkan komitmen yang masif dari Gresini Racing di tiap kategori. “Saat ini kami sedang membicarakan kontrak jangka panjang dengan para sponsor untuk berpegangan erat naik kelas ke kelas MotoGP bersama Indonesia MotoGP Gresini Team. Tahun depan adalah momen yang tepat karena bertepatan dengan kembalinya rangkaian balap MotoGP ke Indonesia di sirkuit Mandalika,” tutup Carlo.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Gresini Racing