top of page
  • Gambar penulisEditor

Workshop Honda Forza yang Adopsi Teknologi Moge


Honda Forza mulai meramaikan pasar skutik premium di Indonesia sejak Agustus 2018. Forza mendapatkan respon positif dari masyarakat, khususnya dari mereka yang menyukai skutik premium dengan tampilan berkarakter mewah dan elegan.


Di Jawa Timur, Honda Forza dipasarkan dengan harga Rp 78.720.000 on the road. “Sampai dengan April ini, inden Forza sudah sebanyak 29 unit. Kami menargetkan sampai akhir tahun 2019 dapat menjual sebanyak 120 unit,” ungkap Abdy Ronotana, Marketing & Sales Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia, distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur dan NTT.


“Untuk layanan penjualan dan aftersales skutik premium ini dilayani oleh 21 dealer dengan kategori Big Wing yang tersebar di Jawa Timur,” kata Naim Mudhori, Technical & Development Department PT MPM pada acara Workshop Jurnalis Teknologi Honda Forza.

Muslimin, training instructor PT MPM menerangkan informasi yang ditampilkan pada panel meter Honda Forza.

Mengapa dealer Big Wing? Karena Honda Forza dibekali banyak teknologi canggih sehingga memerlukan special tools yang hanya dimiliki oleh dealer berkategori Big Wing.


Teknologi tersebut umumnya tersemat di moge. Apa saja teknologi tersebut?

FX Widijanto, Training Instructor PT MPM menuturkan, “Setidaknya ada 3 teknologi moge yang diadopsi oleh Forza, yaitu Honda Selectable Torque Control (HSTC), Combined Digital Panel Meter with Multi Information Display dan Electrical Adjustable Windscreen.”


Honda Selectable Torque Control (HSTC)

“Forza merupakan skuter pertama yang menggunakan teknologi HSTC. Teknologi ini umumnya digunakan di big bike berkapasitas 500 cc ke atas,” terang Widi. HSTC adalah sistem pengendali engine torque untuk menjaga stabilitas kendaraan saat throttle dibuka dengan cepat atau saat motor digunakan dalam kondisi hujan. Fitur ini dapat diaktif/nonaktifkan dengan mudah melalui switch control di sisi kiri setang.


Combined Digital Panel Meter with Multi Information Display

Informasi spidometer di sisi kiri, untuk informasi takometer di sisi kanan. “Multi Information Display-nya full digital dengan berbagai informasi yang dibutuhkan,” sambung Widi. Informasi itu diantaranya, average/current fuel consumption, elapsed time, estimated travel distance, battery voltage, air temperature.


Electrical Adjustable Windscreen

Fitur yang diadopi dari Honda Goldwing ini memungkinkan pengendara dengan mudah mengatur ketinggian windscreen hanya dengan menekan tombol. Windscreen dapat bergerak naik/turun sejauh 140 mm atau 14 cm untuk menyesuaikan dengan postur tinggi pengendara.


Ketiga teknologi moge tersebut melengkapi kelengkapan fitur lain yang dimiliki Forza seperti Honda Smart Key System, Console Box with Power Charger, Full LED Lighting System with Hazard Lamp, Comfortable Seat with Back Support, Front Mounted Back Mirror with Integrated Winker.


Naskah & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

 

bottom of page