• Editor

Wow, Honda New CB150R Tampil Sangar Dengan Body Kit Plug & Play Gaya Neo Cafe Racer!

Dijual Rp 3,5 juta full set, tanpa ubah rangka dan langsung pasang.

Adhi Wicaksono Danukusumo atau lebih dikenal dengan sapaan Koh Siwe dikenal sebagai modifikator spesialis motor sport fairing, di bawah bendera LENT Automodified, Probolinggo. Tentu sangat mengejutkan kalau tiba-tiba, Koh Siwe memasukkan konsep neo cafe racer pada Honda New CB150 2015 ini.


“Terus terang, kali ini saya hanya memenuhi request dari anak saya (Jovan Danukusuma), yang tertarik dengan model cafe racer. Sementara bagi saya sendiri, ini adalah tantangan buat saya,” buka Koh Siwe kepada OTOPLUS-ONLINE.

Di sinilah yang menarik dari modifikasi ini menurut Koh Siwe. “Sebab untuk konsep neo cafe racer dengan basis CB150 ini, saya masih mempertahankan rangka orisinal. Jadi hanya mengandalkan penggantian bodi yang plug and play saja,” tunjuk Koh Siwe yang memang dikenal lihai dalam membuat komponen bodi siap pasang, tanpa butuh perombakan pada motor.


Bisa disimpulkan, pembuatan bodywork dari fiberglass inilah yang jadi faktor kesulitan tertinggi buat Koh Siwe. “Karena biasanya, dengan konsep neo cafe racer atau neo classic seperti ini, kita harus ubah rangka. Tapi kali ini rangka tetap ori, dan body kit-nya pun plug and play untuk New CB150 standar,” bangga Koh Siwe yang sudah buka order pemesanan.

“Body kit plug and play model neo cafe racer buat New CB150 standar ini, siap kami pasarkan dengan harga Rp 3,5 juta per set,” jelas Koh Siwe sambil jelaskan, paketan tersebut meliputi tangki set (cover tangki, replika deltabox, shroud), bodi belakang set (double jok dan single seater), spatbor depan, undercowl, cover swing arm, dan kondisi sudah dicat. “Tapi tidak termasuk lampu depan dan batoknya,” jelas Koh Siwe.

Ditambahkan pula, body kit buatannya ini sebenarnya bisa juga dibikin konsep lainnya. “Misal untuk konsep sport naked. Jadi memang saya bikin sefleksibel mungkin, agar konsumen bebas mau main di konsep apa untuk motor New CB mereka.”

Monggo kalau ada yang minat silakan kontak LENT Automodified.


Rangka

Dengan rangka masih ori, kira-kira seperti apa Koh Siwe menyiasatinya sehingga body kit neo cafe racer ini bisa terpasang dengan pantas di New CB150?


“Karena rangka masih orisinal alias utuh, memang lumayan sulit bagi saya. Sebab rangka basis New CB ini nungging. Jadi lumayan menguras pikiran dan ide untuk mewujudkan konsep neo cafe racer pada rangka nungging seperti itu. Umumnya kan motor cafe racer jauh dari kesan nungging,” jawab Koh Siwe.

Untuk itu, kaki-kaki yang jadi sasaran. “Sektor kaki-kaki di-custom dengan menggunakan fork upside down merek Ride It. Kebetulan fork itu memang bukan peruntukan New CB. Jadi saya bikin ulang as komstir sesuai aslinya New CB,” jelas Koh Siwe.

Di bagian kaki belakang, swingarm punya Suzuki GSX 600 juga dicoak supaya bisa masuk di rangka New CB. “Sedangkan shockbreaker belakang masih menggunakan asli dari New CB,” kata Koh Siwe.

Soal pelek beserta teromol, Koh Siwe dapat kiriman dari rekan di Baru Motor Sport, yang kebetulan diimpor dari luar.

“Untuk pemasangan juga butuh beberapa penyesuaian. Terutama disc dan gear belakang, yang harus dibikinkan spacer agar bisa propsional dengan ban dan swingarm,” jelas Koh Siwe.


Data Modifikasi:

Ban depan: Battlax S21 120/70-17 Ban belakang: Battlax S21 180/55-17 Pelek depan (& teromol): aftermarket ukuran 3.5 x 17 Pelek belakang: aftermarket ukuran 5 × 17 Body kit full set: LENT Automodified Stang: Ride It (clip on) Swingarm: Suzuki GSX600 Headlamp: Daymaker 7" Fork depan: Ride It (USD) Shockbreaker belakang: ori Knalpot: aftermarket (custom) Kaliper rem depan: X-break Kaliper rem belakang: aftermarket Master rem depan: aftermarket

Master kopling hidrolis: aftermarket Handgrip: aftermarket Spion: Promade Bike Swingarm: Suzuki GSX 600

Tail tidy: aftermarket

LENT Automodified Jl. Kerinci no:8, Probolinggo - Jawa Timur, Telp: 081332111248 (WA), Pin bbm: D9AB984B, IG: @jovanlent


Naskah: Indramawan

Foto: Jovan Danukusuma (@jovanlent) for OTOPLUS-ONLINE


© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.