• Editor

Wow, Motor Sangar Ini Dilengkapi Sistem Starter Perintah Suara!


Motor custom gacoan kontes yang berbasis Suzuki Thunder 250 tahun 2002 garapan Johan Soy dari bengkel JS Modify Pontianak ini tak hanya bertampang seram. Lebih dari itu, motor yang diberi julukan The Chain lantaran rangka dibuat dari rantai alat berat ini juga canggih. “Motor ini sudah dilengkapi voice command atau perintah suara untuk menyalakan mesinnya,” kata Johan.

Menurut Johan, perintah suara pada motor ini prinip kerjanya adalah menghubungkan 2 alat, yakni micro controller yang ditanam di motor dengan ponsel Android yang berisi aplikasi, dengan melalui Bluetooth speaker. Dengan kata lain, ponsel Android ini yang berfungsi sebagai remote control.


“Saya menggunakan 2 model aplikasi untuk menyalakan mesin motor. Model yang pertama kita bisa menyalakan dan mematikan mesin dengan cukup pencet tombol on/of pada aplikasi yang ada di ponsel,” buka Johan.


Sementara untuk model aplikasi ke-2 dengan menggunakan perintah suara. Dengan hanya mengucapkan, ‘sistim on’ maka kelistrikan pada motor langsung stand by untuk perintah selanjutnya. Baru setelah kita ucapkan ‘starting the engine’ mesin langsung nyala.


Karena masih percobaan, Johan mengaku masih ada kendala. “Masih terganggu dengan suara lain, dan kadang belum bisa menyaring atau memilah mana yang suara perintah,” kata Johan yang juga menanam GPS di motornya.


“Fungsinya untuk ukur jarak saja. Dalam radius berapa jarak yang bisa dipakai untuk sistem perintah suara ini,” kata Johan sambil menginfokan sistem ini sementara bekerja pada radius sekitar 30 meter.


Johan Soy (JS Modify Pontianak)

Jl. Sungai Raya Dalam Koko Villa Mutiara Mas No. 4,

Pontianak

HP: 0813 4502 6690


Naskah: Indramawan

Foto: Istimewa