• Editor

Wuih, HPM Gandeng Gameloft Bikin Mobile Game Brio Drift Challenge!


Tampilan game Brio Virtual Drift Challenge yang ada di platform Play Store smartphone android.


Sobat gamers dan para pecinta otomotif, inovasi keren dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia.


Menggandeng Gameloft, salah satu developer game virtual papan atas dunia, HPM meluncurkan mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge. Bisa dikatakan, ini merupakan mobile game pertama yang dibuat oleh pabrikan mobil di Indonesia.


Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM mengatakan dalam konferensi pers virtual, Rabu (9/9/2020), sesuai perubahan perilaku konsumen saat ini, konsumsi media digital terutama melalui perangkat mobile semakin meningkat.

Yusak Billy menjelaskan tentang kerjasama HPM dengan Gameloft hingga tahun 2021 terkait game Brio Virtual Drift Challenge.


“Karena itu, kami percaya mobile game ini menjadi media tepat, untuk menyebarkan semangat racing ke lebih banyak orang. Sesuai salah satu semangat yang kami usung ‘Everyone Can Race’,” terangnya.


Florent Vallauri, Senior Managing Director Gameloft South East Asia Pacific (SEAP) mengatakan, kemitraan dengan Honda ini merupakan yang pertama. Dan menjadi contoh bagus, tentang bagaimana mobile game bisa diubah menjadi platform aktivitas digital yang kuat.

Florent Vallauri dari Gameloft SEAP memaparkan tentang spesifikasi game Brio Virtual Drift Challenge.


“Kolaborasi inovatif antara kedua tim (HPM dan Gameloft) akan menghadirkan pengalaman balapan seru dan menyenangkan, dengan mobil Honda Brio. Pengemudi yang bersemangat dan penggemar otomotif bisa merasakan, sensasi berkendara dan menembus batas bersama mobil Honda dengan cara interaktif yang baru," tukasnya.


Menariknya lagi, Adhi Parama Sugarda, Corcomm Strategy Manager HPM mengatakan, antusiasme dari penyuka game ini tergolong menggembirakan. Pasalnya, baru sejak Senin lalu (7/9/2020) hingga hari ini resmi hadir di Google Play, sudah 1000 pengunduh dengan rating 3+. “Padahal awalnya target kami 11.000 pengunduh dalam 4 bulan. Sepertinya kami harus merevisi target, melihat perkembangan ke depannya,” ujar Rama.


Ditambahkan Billy, dari antusiasme pengunduh bisa dilihat penyuka game ini adalah kaum milenial. “Kebanyakan penyuka Honda Brio juga kaum milenial. Dengan game ini tak menutup kemungkinan menarik minat banyak orang untuk suka olahraga balap, khususnya drifting. Juga menarik banyak orang untuk makin suka Honda Brio,” tuturnya.


Brio Virtual Drift Challenge diklaim menyajikan tingkat permainan dan visual kualitas tinggi. Para pemain bisa merasakan sensasi melakukan drift challenge menggunakan Honda Brio, untuk kumpulkan poin tertinggi dan menaklukkan ragam tantangan di trek berbeda.


Sementara ini, pilihan trek yang tersedia masih gambaran trek di luar negeri. “Bisa saja nanti diupdate, pilihan trek yang tersedia seperti Sirkuit Sentul atau lainnya yang ada di Indonesia. Oiya, game ini merupakan kerjasama eksklusif antara HPM dan Gameloft hingga 2021,” imbuh Rama.


Billy memperkuat apa yang disampaikan Rama, kerjasama eksklusif ini adalah Gameloft tetap sebagai pemilik game, tetapi hak cipta brand mobil dan nama game milik HPM.


“Sebenarnya platform baru sebagai inovasi dari Honda ini bukan sengaja dikeluarkan ketika pandemi. Kami bangun game ini tiga bulan lebih. Setelah tahun 2021 kita akan evaluasi, terkait feedback publik,” urai Billy.


Pemain di Brio Virtual Drift Challenge yang sementara baru bisa diunduh melalui smartphone berbasis Android, dapat memilih 2 (dua) tipe mobil dan 16 trek yang untuk dimainkan. Termasuk memilih mobil sesuai warna asli yang tersedia di lini Honda Brio RS dan Satya.


Game ini hadirkan dua mode balapan; Quick Race dan Campaign Challenge. Pada mode Campaign Challenge, pemain akan melakukan balapan di sirkuit, melewati rintangan secara berkelanjutan dan mendapat poin bintang di setiap level untuk membuka sirkuit yang masih terkunci.


Sedangkan pada mode Quick Race, pemain bisa balapan di sirkuit manapun yang sudah terbuka dari mode Campaign Challenge. Namun tidak memperoleh bintang atau peringkat.

Game Honda Brio Virtual Drift Challenge kolaborasi Honda Prospect Motor dan Gameloft bakal dimeriahkan kompetisi Brio Virtual Drift Challenge total hadiah Rp35.250.000.


Untuk menambah seru, HPM juga menggelar kompetisi Brio Virtual Drift Challenge total hadiah Rp35.250.000. Peserta diminta melakukan drift sebanyak mungkin, atau selesaikan balapan hingga kumpulkan poin sebanyak-banyaknya.


Kompetisi digelar di Drift Mode dalam 3 (tiga) periode dengan trek berbeda. Periode pertama 24 September - 7 Oktober di trek Oriental town. Periode kedua digelar 22 Oktober - 4 November di trek Snow Aftermath, dan periode terakhir 18 November - 1 Desember 2020 di trek Seaside Village.


Selama tahun 2020, Honda konsisten menyelenggarakan aktivitas berplatform digital. Seperti Honda Brio Virtual Modification #3, dan Honda Racing Simulator Championship.


Teks: Setiawan AS

Foto: Setiawan AS dan HPM

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online