• Editor

Wuling Almaz 7-Seater, Ini Lho Mobil Yang Bisa Diajak Omong


Dari kiri: Willy Hendrata, Direktur PT Berkat Langgeng Sukses Sejati (BLESS), Zia Ul Rahman, Market Strategy & Promotion Manager PT SGMW, Edwin Adams, Operation Manager PT Arista Jaya Lestari, Yudi Irawan Wijaya, Operational Sales Director PT Putra Perdana Indoniaga.

Kehadiran varian baru Wuling Almaz 7-Seater ini sekaligus menandai 2 tahun kiprah Wuling Motors di Indonesia. Mengejutkannya, varian baru Almaz telah dibekali teknologi voice command yang dinamai Wuling Indonesia Command (WIND). Ini bukan teknologi voice command biasa.


“Inilah kejutan dari Wuling seperti yang saya janjikan 3 bulan lalu. Tidak seperti merek lain, teknologi voice command Wuling menggunakan Bahasa Indonesia sehari-hari. Ini bentuk wujud Wuling terus berinovasi dengan apa yang dibutuhkan masyarakat Indonesia,” ungkap Zia Ul Rahman, Marketing Strategy & Promotion Manager PT SGMW saat peluncuran Wuling Almaz 7-Seater di Surabaya (19/7).


Untuk mengaktifkan fitur WIND sangat mudah, tinggal katakan ‘Halo Wuling’ atau menekan tombol dengan lambang orang berbicara di lingkar setir lalu katakan perintah yang ingin dilakukan atau menanyakan sesuatu, misalnya ‘Jam berapa sekarang?’ Secara pintar WIND akan merespon dengan memberi jawaban atau melakukan apa yang diperintahkan. “Ada 9 item yang bisa di-manage melalui WIND (lihat tabel),” sebut Zia Ul Rahman.


Jika kondisinya tidak ideal seperti suasana kabin terlalu ramai atau perintah lebih dari satu maka WIND bahkan dapat merespon dengan mengatakan ‘Maaf, mohon diulangi’ sehingga pola komunikasinya interaktif. Fitur ini jelas-jelas belum dimiliki SUV lain di kelasnya bahkan juga kelas di atasnya. Ke depannya besar kemungkinan teknologi ini akan menjadi kelengkapan standar di seluruh line up Wuling yang dipasarkan di Indonesia.

Zia Ul Rahman, Marketing Strategy & Promotion Manager PT SGMW menjelaskan teknologi Wuling Indonesia Command di Almaz.

“Jawa Timur merupakan terbesar kedua setelah Jabodetabek. Semester I 2019 penjualan Wuling mencapai 993 unit didominasi Almaz dan Confero. Kami harap varian terbaru Wuling Almaz ini dapat menghadirkan pengalaman ‘Drive Unlimited Way’ bagi kepada konsumen di Surabaya dan sekitarnya,” ujar Zia Ul Rahman.


Varian Smart Enjoy

Wuling Almaz 7-Seater juga hadir dengan pilihan varian baru berbanderol lebih terjangkau, namanya Smart Enjoy. Hendry dari bagian product planning PT SGMW mengatakan untuk spesifikasi mesin, standar keamanan juga teknologi WIND tidak berbeda dengan varian Exclusive.


Perbedaan hanya pada fitur-fitur kenyamanan seperti panoramic sunroof, Auto AC, keyless entry system, electric seat, cruise control, setir berlapis kulit, jok berlapis bahan kain (fabric) dan spiker yang ‘hanya’ 6.


“Dari depan cirinya dibedakan dari gril non krom dan absennya foglamp berganti lampu sein,” jelas Hendry. Kehadirannya sudah pasti harus diwaspadai pabrikan lain mengingat harga yang disodorkan mirip-mirip namun jelas-jelas dengan spesifikasi dan fitur yang lebih unggul seperti mesin turbo 1,5 liter serta adanya teknologi WIND.


9 Item Yang Bisa Diatur WIND:

Phone

Saya mau telepon kantor

Telepon balik

Tampilkan daftar kontak

Buku telepon


Application

Buka Wuling Link

Tampilkan aplikasi pendingin udara

Buka aplikasi tekanan ban

Buka file

Buka pengaturan


Volume

Naikkan volumenya

Kecilkan volumenya

Matikan suaranya

Atur volume sampai maksimum

Hidupkan kembali suaranya


Date/Time

Tanggal berapa hari ini

Besok tanggal berapa

Jam berapa sekarang

Lusa tanggal berapa


Sunroof

Buka sunroof

Buka sunroof sampai setengah

Buka atap kaca sedikit

Tutup Sunroof

Tutup atap kaca sedikit


Window

Buka jendela

Turunkan jendela

Tutup jendela

Naikkan jendela


Radio

Putar radio

Tutup radio

Saya mau dengar 101,1 FM

Saluran berikutnya

Ubah ke AM


AC

Hidupkan AC

Saya kepanasan

Saya kedinginan

Turunkan suhunya 3 derajat

Naikkan temperaturnya 5 derajat

Music Mainkan musik

Lagu berikutnya

Pause musik

Set musik ke acak semua

Matikan musik


Harga OTR Surabaya

Almaz Smart Enjoy 7-Seater (M/T) Rp 268.800.000

Almaz Smart Enjoy 7-Seater (CVT) Rp 280.800.000

Almaz Exclusive 5-Seater Rp 332.800.000

Almaz Exclusive 7-Seater Rp 342.800.000


Naskah & foto : Nugroho Sakri Yunarto