• Editor

Yamaha XS 650 1979 di Jakarta Ini Dicustom Total Jadi Chopper Mie Ayam!

"Sesuai permintaan si pemilik, tema yang diminta untuk finishing adalah gambar mangkok mie ayam. Dan itulah kenapa motor ini diberi nama Chicken Bowl." (Ariawan Wijaya - Baru Motor Sport Jakarta)

OTOPLUS-ONLINE I Custom project ini berawal ketika Ariawan Wijaya, pemilik bengkel modifikasi dan custom Baru Motor Sport Jakarta kedatangan seorang customer yang membawa mesin gelondongan Yamaha XS 650 tahun 1979.

"Info yang saya dapat, mesin itu ditemukan di gudang setelah nganggur tak terpakai selama 20 tahun," buka Ari, sapaan pria ramah penggemar body building ini. "Sepertinya mesin ini punya motor warisan keluarga, sehingga si pemilik pengin sekalian dijadikan basis pembuatan motor baru dengan konsep traditional old chopper yang terkesan outlaw."

Di luar permintaan itu, Ari mengaku tidak punya petunjuk lain. "Biasanya kan ada gambaran-gambaran yang diberikan sesuai keinginan. Tapi ini enggak sama sekali. Itu yang bikin pengerjaan cukup sulit," tutur Ari.

Dari sini tim BMS pun ambil inisiatif bikin dulu rangka custom handmade yang dibuat dari nol. "Sesuai pesan si pemilik, bahwa konsep yang diinginkan adalah traditional old chopper yang terkesan outlaw, maka kita bikin rangka old school chopper yang identik tanpa suspensi belakang alias rigid, sementara di bagian depan pasang fork model springer."

Untuk ukuran roda, Ari memilih kombinasi ring 21 inci untuk depan, dan 16 inci untuk belakang yang dibalut ban Firestone ribbed. "Agar kesan outlaw makin kental, dipasang tuas persneling model tongkat mirip mobil, atau lebih dikenal dengan sebutan suicide clutch, dan minus rem depan atau brakeless," tunjuk Ari.

Meski demikian, untuk sistem pengereman bagian belakang, si pemilik minta dipasang sprotor brake system punya Harley-Davidson. "Konstruksi sprotor brake system ini nggak pada umumnya karena sproket (gir) belakang jadi satu dengan kaliper, Harganya juga sangat mahal. Yang ini sampai Rp 12 juta," sebut Ari.

Sebagai info, sesuai namanya sprotor yang merupakan akronim atau pemendekan kata dari sprocket dan rotor, maka cara kerja braking system ini adalah, kaliper yang biasanya mencengkeram cakram atau rotor, maka pada sistem ini, kaliper mencengkeram sproket yang juga difungsikan sebagai rotor,


Lanjut lagi, performa mesin tak ketinggalan untuk dikembalikan ke kondisi semula dengan beberapa penyesuaian. "Semua komponen diganti baru, seperti piston dan ring piston, termasuk karbu yang pakai PW 34. Juga perangkat kelistrikan seperti magnet yang semuanya baru," ujar Ari yang saat masuk proses finishing sibuk cari mangkok mie ayam. Lho kok?

"Sesuai permintaan si pemilik, tema yang diminta untuk finishing adalah gambar mangkok mie ayam. Dan itulah kenapa motor ini diberi nama Chicken Bowl," senyum Ari yang mengaku kurang paham latar belakang si pemilik, apakah juragan mie ayam...


Data modifikasi:

Mesin: Yamaha XS 650 1979 Frame: custom Fork depan: Springer custom velg depan 21x2.15

Pelek belakang: 16x3.5 Ban depan: Firestone ribbed Tromol depan: brakeless Tromol belakang: custom

sprotor belakang hd Rantai: 530 DID Tuas kopling: suicide clutch custom Body set: custom Knalpot: custom


Bengkel: Baru Motor Sport (BMS)

WA: 081317888360 (Public Relations)

Telpon: 081915113717 (admin)

Web : www.barumotorsport.com

Alamat: Jl. Palmerah Barat no. 25A. Jakarta Pusat


Teks: Indramawan

Foto: BMS