• Editor

AC Penting Bagi Kesehatan dan Keselamatan Pengemudi

Kenyamanan kendaraan turut berpengaruh terhadap keselamatan berkendara menurut Defensive Riding.

OTOPLUS-ONLINE I Banyak pendapat mengatakan, faktor terpenting ketika memilih kendaraan komersial, khususnya truk sebagai alat pengangkut, adalah faktor tenaga dan daya tahan.


Namun belakangan, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun lebih, faktor lain juga semakin menjadi bahan pertimbangan. Misalnya berhubungan dengan kenyamanan, yang pada akhirnya terkait pada kesehatan dan keselamatan.


Contohnya perangkat Air Conditioning (AC), seperti dikatakan Catur Wibowo, Defensive Driving Trainer dari ORD Training Center, sering kali truk yang dijumpai di jalan raya dalam kondisi jendela terbuka.


“Bisa dipastikan di dalam kabin truk tersebut tanpa AC yang menyala. Padahal, penggunaan AC secara tidak langsung juga berhubungan dengan keselamatan,” jelas Catur. Mengapa demikian?

Memang AC sebenarnya bukan peranti yang berhubungan langsung dengan faktor keselamatan, seperti perangkat rem atau seat belt. Namun, ada satu ilmu defensive driving yang menganjurkan, untuk membuat nyaman dalam kendaraan salah satunya dengan AC. (ILM, 2020).

Adanya fitur AC sebagai sarana pendukung kenyamanan pengemudi, sudah seharusnya membuat pengemudi kemudian lebih aware akan faktor keselamatan truk yang dikemudikannya.


Selain faktor kenyamanan penopang keselamatan, AC juga sebagai peranti kenyamanan pendukung kesehatan. UD Trucks mengerti pentingnya menjaga protokol kesehatan di era pandemi, dan salah satunya melalui fitur AC.

Saat ini semua unit UD Trucks Quester sudah memiliki fasiltas AC dalam kabin


Semua unit UD Trucks Quester telah dilengkapi AC, menciptakan kenyamananan pengemudi truk tetap terjaga, tanpa harus membuka kaca di tengah kemacetan dan polusi udara yang terjadi.


Adapun dalam perjalanan, pengemudi truk tidak perlu banyak melakukan perhentian untuk beristirahat. Akibat kelelahan karena suhu udara yang panas dan polusi, terutama di tengah kemacetan yang terjadi. Sehingga pengemudi bisa lebih tenang berkendara dan aman di jalan raya.


Teks: Setiawan AS

Foto: UD Astra Motor Indonesia