• Editor

AHM Luncurkan All New Honda CBR600RR dan Warna Tricolor CBR Series

Hadir dengan warna legendaris Tricolor, super sport 600cc ini dipasarkan dengan harga Rp 550.000.000 On the Road DKI Jakarta.

OTOPLUS-ONLINE I PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan CBR600RR di Indonesia sebagai jawaban bagi mimpi pecinta motor super sport berperforma tinggi. Kehadirannya dilengkapi peluncuran serentak pilihan warna Tricolor pada seluruh model CBR series yang dipasarkan di Indonesia.


Setelah tahun lalu Tricolor hadir melalui CBR1000RR-R Fireblade, kini warna yang merepresentasikan semangat dan pengaplikasian teknologi balap itu juga disematkan pada motor super sport CBR600RR, serta menjadi pilihan warna terbaru pula pada Honda CBR250RR dan CBR150R.

Mengusung konsep Awaken The Race, CBR600RR dilengkapi kontrol elektronik terbaru dan teknologi aerodinamis untuk mewujudkan peningkatan kinerja secara menyeluruh. Motor super sport ini memiliki karakteristik mudah dikontrol dan pengendalian lincah.


Keiichi Yasuda, President Director AHM mengatakan, berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur yang dikembangkan dari konsep Awaken The Race menjadikan CBR600RR sebagai motor impian para pecinta big bike.


“Melalui model ini, kami ajak semua untuk merasakan kesenangan hidup terbaik. Paduan kegembiraan, adrenalin, dan kepuasan berkendara, dengan semangat balap yang dirasakan secara bersamaan,”ujar Yasuda.


Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM menambahkan, AHM secara konsisten terus memberi layanan yang didesain premium bagi pengguna Honda Big Bike, melalui dealer Big Wing.


“Kami harap kehadiran CBR600RR yang didukung kuat layanan purna jual di jaringan Honda, dapat semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap jajaran big bike Honda,”ucapnya.

Konsep super sport CBR600RR sangat kuat ditopang desain fairing dengan headlight baru yang minim area frontal, untuk koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin.


Penyematan winglet terinspirasi dari RC213V di MotoGP. Efektif memberi down force saat berakselerasi. Di samping meningkatkan stabilitas lebih, saat pengereman dan tikungan. Pada tengah lampu, terdapat lubang udara yang langsung terhubung dengan air intake.

Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah, untuk tingkatkan aerodinamika pengendara. Hasilkan down force maksimum saat akselerasi, pengereman, dan menikung.


Desain knalpot kompak dengan posisi lubang di bagian tengah. Ciptakan kesan ramping sekaligus ciri khas CBR600RR.


Mesin baru DOHC 599cc 4-silinder bertenaga maksimal 89 kW (121 PS)/14.000 rpm, dan torsi puncak 64 Nm (6.5 kgf.m)/11.500 rpm.


Beberapa ubahan pada desain camshaft dan crankshaft, guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, perbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot, hingga ubahan pengaturan waktu bukaan katup (valve timing).

Penyematan lampu LED, didesain kian tajam. Model ini juga dilengkapi panel meter besar layar TFT full digital. Mampu tampilkan 2 (dua) mode pilihan, Street dan Circuit.


Assist/ slipper clutch membuat pengoperasian tuas kopling CBR6000RR makin ringan, serta mengurangi efek engine brake saat pengendara turunkan gigi transmisi. Throttle by wire pada motor sport premium Honda ini sajikan bukaan gas yang kian presisi.


CBR600RR sudah dibekali sensor Inertial Measurment Unit (IMU), untuk mendeteksi posisi angle. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), supaya ban belakang anti selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat ini juga meminimalisir ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.


Terdapat tiga mode berkendara yang dapat dipilih, yakni Fast, Fun, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi membuat mode berkendara sendiri, sesuai karakter berkendaranya. Melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).


Fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan, sebagai peringatan ke pengendara sekitar, terutama kendaraan di belakang.


Pada peranti rem naik kelas dari generasi sebelumnya, posisi depan dilengkapi double disc brake diameter 310mm plus Antilock-Braking System (ABS), kaliper 4 piston. Sedangkan rem belakang cakram ABS diameter 220mm kaliper piston tunggal.


Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft), bekerja bersama IMU dan sensor kecepatan. Menambah kestabilan CBR600RR saat melaju di kecepatan tinggi dan menikung. Lengan ayun terbuat dari bahan aluminium, memberi bobot ringan dan rigid saat bermanuver.

Kestabilan juga didukung suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber, yang dapat disesuaikan kompresi dan rebound-nya.


Hadir dengan warna legendaris Tricolor, super sport 600cc ini dipasarkan dengan harga Rp 550.000.000 On the Road DKI Jakarta.


Teks: Setiawan AS

Foto: AHM & berbagai sumber

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.