top of page
  • Gambar penulisEditor

Aleix Espargaro Sebut Traksi Aprilia RS-GP23 Kunci Kemenangannya di MotoGP 2023 Silverstone

Aprilia RS-GP23 unggul dalam hal traksi di sirkuit Silverstone, baik dalam kondisi trek kering atau basah.

OTOPLUS-ONLINE I Tiga pembalap Aprilia menempati urutan top five pada perhelatan British MotoGP yang digelar 6 Agustus 2023 di sirkuit Silverstone kemarin.


Tiga pembalap itu adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing) di posisi pertama. Kemudian Miguel Oliveira (RNF Aprilia) di posisi ke-4, dan Maverick Viñales (Aprilia Racing) di posisi ke-5.


Dari 3 pembalap itu, Aleix Espargaro banyak mendapat sorotan media. Aleix berlaga tanpa cela di putaran ke-9 dari 20 putaran MotoGP 2023 ini.


Ia agresif di lap-lap awal hingga berhasil memutar keadaan dari posisi start ke-12. Bahkan Aleix juga membuat catatan waktu lap tercepat.


Menariknya, Aprilia RS-GP23, motor besutan Aleix juga menunjukkan potensinya di Silverstone ini.


Pada sesi latihan hari Jumat yang digelar dalam kondisi trek kering, dan sesi hari Sabtu yang digelar dalam kondisi trek basah, Aleix tampak yakin dengan performa Aprilia RS-GP23 di sirkuit legendaris Inggris ini.


"Aprilia memiliki traksi di sini, dan saya tahu, saya memiliki kesempatan lebih dari Bagnaia di beberapa tikungan," buka Aleix usai balapan hari Minggu.


Keyakinan ini memberi spirit tambahan pada Aleix saat menghadapi pembalap terkuat Ducati, Francesco Bagnaia.


“Hari ini, saya langsung menyadari bahwa saya dapat berlaga dengan baik. Saya memilih untuk menunggu sampai putaran akhir, terutama setelah saya melihat hujan mulai turun," kata Aleix.


Ia menambahkan terdapat beberapa spot licin yang dapat dengan mudah memicu terjadinya kesalahan.


"Selain itu, saya menyadari Pecco sedang berupaya mengendalikan ban dan saya tidak ingin resiko kegagalan di akhir," kata Aleix yang sangat senang karena merasa arah pengembangan motor sudah benar.


Pada bagian balap ini, Aleix memilih strategi menunggu hingga benar-benar pada saat yang tepat, sebelum mengejar dengan sangat dekat mengandalkan traksi motor yang lebih baik hingga berhasil mengambil alih posisi kemenangan di akhir balap.

Selain kemenangan Aleix, performa memukau juga ditampilkan tim Aprilia RNF RS-GP, Miguel Oliveira yang berhasil finish keempat.


Disusul Maverick Vinales, yang juga sempat berlaga untuk mengambil posisi podium Sprint Race hari Sabtu.

Sementara pembalap Aprilia yang lain, Raul Fernandez menjadi penutup posisi sepuluh besar.


“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Aprilia untuk kemenangan yang fantastis. Akhir minggu yang sangat baik. Pertama dengan podium saya di Sprint Race dan kemenangan Aleix. Kami melakukan pekerjaan dengan baik!" komentar Vinales yang sempat terlibat insiden dengan Jack Miller.


"Saya memulai balap dengan baik, namun sayang sekali, saya kehilangan beberapa detik yang menentukan saat saya berusaha mengambil alih posisi dari Miller," kata Vinales.


"Saya meminta maaf kepada dia (Miller) untuk manuver tersebut. Tapi saya terjebak pada slipstream Alex Marquez, dan pada posisi tersebut, saya tidak memiliki pilihan selain melepas rem dan masuk."


"Saya memacu motor dengan sangat kencang untuk tetap dekat dengan pembalap di depan, namun terhambat di akhir," tutup Vinales yang mengaku puas dengan hasil race weekend.


Baca juga:


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

bottom of page