• Editor

Apa Alasan Pertamina Enduro Dukung Ali Adrian di Asian Superbike 1000cc?


Ali Adrian pembalap Asia Superbike 1000cc.

Hari ini pembalap Ali Adriansyah Rusmiputro, atau Ali Adrian mulai bertanding pada ajang Asian Superbike 1000cc, di Sirkuit Internasional Suzuka, Jepang (28-30/06).


Pada ajang tersebut, Ali Adrian yang berusia 26 tahun ini bergabung dengan Onexox TKKR Sag Team, dan menunggangi motor pabrikan Eropa, BMW S1000RR.


Bertarung di kelas baru yang menjadi bagian dari FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) itu, Ali Adrian pun dipastikan mendapat dukungan penuh dari Pertamina Enduro.


Bahkan pembalap yang banyak terinspirasi dari gaya balap yang ditontonnya di Youtube, serta permainan Playstation ini, juga ditunjuk PT Pertamina Lubricants menjadi Brand Ambassador.

Andria Nusa (paling kanan) mengakui Pertamina Lubricants mendukung penuh prestasi Ali Adrian.

“Selain mendukung Ali Adrian pada ajang Asian Superbike 1000cc, kami juga menunjuknya sebagai Brand Ambassador Pertamina Enduro, untuk meningkatkan brand image kami di mancanegara,” ucap Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants.


Lantas apa alasan Pertamina Enduro memilih, dan ‘setia’ pada Ali Adrian? Yang menurut Andria Nusa, Ali Adrian didukung oleh Pertamina sejak tahun 2015.


“Ia masih muda, merupakan pembalap nasional berprestasi. Tak hanya di Indonesia namun juga dunia.Apalagi, tahun 2021 Indonesia rencana jadi tuan rumah MotoGP, di Sirkuit Mandalika. Tentu harapannya Ali Adrian bisa berpartisipasi di dalamnya,” kata Andria.


Tapi bukankah banyak pembalap muda lain yang prestasinya juga lumayan, seperti para pembalap yang sering tampil di kejuaraan balap Yamaha dan Honda?


Memang betul diakui Andria, banyak pembalap muda yang berprestasi, dan mungkin tak kalah dengan Ali Adrian. Tapi masalahnya para pabrikan motor tersebut juga memproduksi lubricants.


“Sehingga hal itu membuat Pertamina sulit untuk berinteraksi di dalam ajang-ajang tersebut,” tukasnya di BMW Motorrad Indonesia, Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.


Sebagai gambaran, Ali Adrian sudah membuktikan kiprahnya di sejumlah ajang bergengsi nasional dan dunia. Seperti National Championship Class 150cc-600cc, Asian Championship 600cc.


Kemudian European Junior Cup (Superbike Championship), Bike Promotion 1st Series Spain hingga World Superbike Championship Series.


Adapun kejuaraan Asian Superbike 1000cc sendiri baru dipertandingkan FIM ARRC pada tahun 2019, dan merupakan kelas tertinggi atau kelas utama di kejuaraan tersebut.


Untuk tahun pertamanya, kejuaraan ini diikuti 5 (lima) merek motor superbike yang telah lolos homologasi World Superbike, dimana salah satunya adalah BMW S1000RR.


Kejuaraan Asian Superbike 1000cc diikuti oleh pembalap-pembalap dari Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, Jepang, Swiss dan Indonesia.


Ali Adrian berlaga dimulai dari di Jepang hari ini, kemudian di Zhuhai International Circuit, China (9-11 Agustus 2019).

Berikutnya di Sepang International Circuit, Malaysia (19-22 September), dan terakhir di Chang International Circuit, Thailand (29 November - 1 Desember 2019).


Di samping Pertamina Lubricants sponsor utama, BMW Motorrad sebagai sponsor pendukung, Ali Adrian juga disponsori NHK, Rudy Project, Rusmindo Sport Nusantara, Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan lainnya.


Naskah & Foto: Wave