• Editor

Apa Sih Pameran Virtual Itu, dan Seberapa Signifikan Naikkan Penjualan?

Dari 1.000 orang yang mengunjungi pameran virtual MPM Honda Jatim melalui website www.pameranvirtualhonda-jatim-ntt.com selama 31 Januari - 03 Februari 2021, 200 di antaranya telah menyelesaikan proses pembelian, dan 25 persennya motor sudah dikirimkan.
  • Bagi konsumen yang masih awam usah khawatir dan bingung karena tersedia juga tutorial bagaimana mengakses pameran virtual dan mendapatkan info selengkapnya

OTOPLUS-ONLINE I Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki sepeda motor Honda di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT getol menggelar pameran virtual Honda. Apa sih pameran virtual itu?


Ketika memperkenalkan All New Honda CBR150R melalui Virtual Launching yang disiarkan secara live di Instagram dan Facebook @mpmhondajatim (31/1/2021) lalu, Abdy Ronotana selaku Marketing Sales & Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim sempat menjelaskan, seperti apa pameran virtual itu.

Abdy Ronotana selaku Marketing Sales & Distribution Division Head PT MPM Honda Jatim


"Yang jelas pameran virtual itu menggunakan platform digital, dan merupakan hasil kerjasama dengan seluruh main dealer di Indonesia," buka Abdy Ronotana.


Ditambahkan oleh Abdy, kenapa harus kerjasama, sebab ini adalah program baru, sehingga butuh rembugan, sharing ide, dan pengalaman, untuk saling melengkapi, termasuk juga dalam hal pembiayaan.


Nah kemudian masing-masing main dealer sepeda motor Honda ini menggelar pameran virtual ini di situs resmi masing-masing. PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku dealer utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat menggelar Honda Jabar Virtual Expo di situs resmi www.hondajabarvirtualexpo.com.


Sementara MPM Honda Jatim menggelar pameran virtual Honda Jatim - NTT melalui website www.pameranvirtualhonda-jatim-ntt.com, yang berlangsung 31 Januari - 03 Februari 2021 lalu. Lantas bagaimana hasilnya?


Untuk Pameran Virtual Honda Jatim - NTT yang diadakan MPM Honda Jatim dan merupakan rangkaian launching All New Honda CBR150R lalu, OTOPLUS-ONLINE mendapatkan info, ada sekitar 1.000 konsumen yang mengunjungi pameran virtual tersebut melalui website www.pameranvirtualhonda-jatim-ntt.com.

  • Antusiasme masyarakat terhadap All New Honda CBR150R cukup tinggi

Khusus untuk All New Honda CBR150R, antusias konsumen cukup tinggi untuk memilikinya, terbukti dari banyaknya konsumen yang memesan. Dari 1000 konsumen tersebut, sekitar 200 konsumen telah menyelesaikan proses pembelian, dan 25 persennya motor sudah dikirimkan.

  • Lewat pameran virtual, konsumen tidak perlu repot seperti ini untuk mendapat info atau transaksi pembelian

" Kami berharap dengan program ini konsumen semakin mudah untuk memiliki motor impiannya dengan cara yang lebih aman dan nyaman, juga dengan penawaran menarik tanpa harus datang ke outlet," kata Abdy Ronotana.


Sebelumnya, Abdy Ronotana sempat berharap dari pameran virtual selama 4 hari ini bisa menaikkan angka pemesanan All New Honda CBR150R sebanyak 50 sampai 100 unit di seluruh Jatim. Artinya, target ini berhasil terlampaui.


Hal ini sangat masuk akal karena di pameran virtual ini bisa dikunjungi konsumen dari berbagai daerah di Jatim bahkan NTT yang masuk wilayah pemasaran MPM Honda Jatim.

  • Antara pameran virtual dan pameran off-line (fisik) masing-masing punya plus dan minus

"Sangat beda dengan pameran yang kita gelar di Royal Plaza Surabaya. Paling hanya dikunjungi masyarakat Surabaya dan sekitarnya saja. Tapi pameran virtual ini bisa dikunjungi siapa saja," kata Abdy Ronotana.


"Kunci keberhasilan ada di woro-woro sebelum pameran. supaya orang tahu dan berkunjung ke situs resmi bareng-bareng," tutup Abdy Ronotana sambil menambahkan beragam hadiah didapatkan secara langsung bagi konsumen yang membeli motor Honda melalui pameran virtual yang berlaku untuk konsumen Jatim dan NTT.


Teks: Indramawan

Foto: MPM Honda Jatim, Dok. OTOPLUS-ONLINE