• Editor

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Mengubah XSR155 Jadi Café Racer?


Ini tentu menarik untuk disimak, karena ternyata tak perlu mengutak-atik rangka untuk mengubah XSR155 jadi cafe racer. Juga tidak ada banyak perubahan pada bodi...

Sebagai motor baru yang diperkenalkan Yamaha akhir tahun lalu, XSR155 mulai banyak dijadikan basis modifikasi. Kalau beberapa waktu lalu, OTOPLUS-ONLINE sempat angkat custom project JS Modify Pontianak yang mengubah XSR155 menjadi scrambler, kini giliran Lent Automodified Probolinggo.

Ini tentu menarik untuk disimak, karena ternyata tak perlu mengutak-atik rangka untuk mengubah XSR155 jadi cafe racer. Juga tidak ada banyak perubahan pada bodi.

"Cuma batok lampu depan sengaja dilepas, dan bikin bracket baru. Sama ada tambahan lempengan nomor start di samping," tunjuk Jovan Danukusuma, putra dari modifikator ternama Probolinggo yang membesarkan nama Lent Automodified, yakni Adhi Wicaksono alias Koh Siwe.

Lebih lanjut Jovan yang digadang menjadi penerus bengkel modifikasi ini mengatakan, custom project ini bermula dari permintaan dari salah satu teman papanya untuk memodifikasi Yamaha XSR155 miliknya menjadi British café racer yang punya ciri umum trondol dan nungging.

"Akhirnya saya menerapkannya dengan stang under yoke dan headlamp Daymaker tanpa batok,” tunjuk pria penggemar fotografi yang juga pecinta pitbull ini.

Yang lumayan menantang menurut Jovan adalah ketika mensetting stang under yoke. “Si pemilik motor pengin posisinya benar-benar menunduk, sedangkan ternyata fork depan bawaan XSR155 ini diameternya semakin ke bawah semakin lebar,” kisah pria kelahiran 10 Februari 2001 ini.

Apalagi pemilik motor menggunakan stang clip on bawaan R15, yang akibatnya stang tidak bisa disetting terlalu turun. “Akhirnya dengan beberapa penyesuaian, saya setting semaksimal mungkin turunnya, dan syukurlah si pemilik motor puas,” tukas Jovan sambil kasih info tinggi si pemilik sekitar 185 cm. Lebih tinggi 10 cm dari Jovan yang beberapa kali melakukan fitting untuk menyesuaikan riding position yang tetap nyaman.

Sebagai langkah antisipasi dari segi safety karena ubahan ‘ekstrem’ pada setang ini, Jovan berinisiatif memasang thread locker agar tidak terjadi resiko kendor karena getaran pada setang.

Data modifikasi:

Ban: Pirelli Diablo Supercorsa, Lowering Kit: turun 5 cm

Knalpot: Leovince

Daymaker: Spider 7"

Bracket headlamp + sein: custom

Aksesori: tempat nomor samping original Yamaha

Stang clip on: Yamaha R15 V3 (original)

Spion: aftermarket

Tail tidy, Smoke sein, Bracket speedo: custom

Spatbor depan: original Yamaha (dicustom ulang)

Bengkel: Lent Automodified

Jl. Kerinci No.8, Pilang, Kec. Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67221

HP:081332111248

Baca juga: Dijual: Custom Parts Plug and Play Untuk Yamaha XSR155


Teks: Indramawan

Foto: Jovan (Lent Automodified)

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online