• Editor

Awas, Suzuki Luncurkan Motor Terkencang Sedunia, All New Hayabusa 2021!

Akan dijual ke seluruh dunia, dimulai dari Eropa hingga akhir Februari, kemudian masuk ke Amerika Utara, dan Jepang. Ke Indonesia?

OTOPLUS-ONLINE I Suzuki Motor Corporation meluncurkan All New Hayabusa 2021 secara virtual hari ini (05/02/2021). Motor yang pernah menyandang predikat terkencang di dunia ini akan dijual ke seluruh dunia, mulai dari Eropa hingga akhir Februari, kemudian diikuti oleh pasar termasuk Amerika Utara, dan Jepang.

Apakah akan masuk ke Indonesia? Jika melihat press release yang ditayangkan di website resmi Suzuki Indonesia (www.suzuki.co.id), yang juga dikirimkan ke redaksi OTOPLUS-ONLINE, maka ada kemungkinan Hayabusa yang punya arti burung elang ini akan mengaspal ke Tanah Air. Suzuki Indonesia sendiri pernah memasarkan Hayabusa ini pada 2017 silam.

Sambil menunggu konfirmasi dari pihak Suzuki Indonesia, kita simak dulu seperti apa kelebihan motor yang pertama kali diproduksi Suzuki tahun 1999, dan langsung tercatat sebagai motor produksi massal paling kencang dengan top speed 312 km/jam ini.

Hayabusa yang kini tampil serba baru ini adalah model generasi ketiga yang telah mengalami perubahan model penuh untuk pertama kalinya dalam 13 tahun.

Mengusung konsep produk "Ultimate Sport", yang diwarisi dari generasi pertama, Hayabusa telah mengembangkan lebih jauh desain gaya unik dengan performa aerodinamis yang luar biasa dan performa berkendara yang superior.

Desain gaya baru dan ikonik, yang langsung dikenali sebagai Hayabusa, memiliki siluet mengalir, miring ke depan, dan agresif yang dicirikan oleh permukaannya yang berani, dengan garis-garis tajam dan edgy.

Bodi hadir dengan warna two-tone dengan mengadopsi warna berbeda untuk bodi utama dan bagian kecil di sekitar intake udara depan, di penutup mesin samping, dan di bagian belakang.

Sinyal belok dengan lampu posisi built-in yang ditempatkan di tepi luar intake udara diadopsi oleh sepeda motor Suzuki untuk pertama kalinya.

Mesin empat silinder segaris 1.340cc dilengkapi sistem throttle elektronik ride-by-wire dan mekanisme intake dan exhaust yang direvisi untuk meningkatkan output dan torsi dalam kisaran kecepatan rendah hingga menengah.

Ini memenuhi standar emisi Euro5 (untuk spesifikasi Eropa) yang diperkenalkan pada sepeda motor baru yang dijual di Eropa mulai tahun 2020 sambil mempertahankan kinerja terbaiknya dalam kisaran kecepatan tinggi dengan mengejar kinerja aerodinamis tingkat atas.

Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang baru dipasang memiliki fitur Suzuki Drive Mode Selector Alpha (SDMS-α), yang membantu pengendara memilih pola yang telah diatur sebelumnya pada 5 sistem kontrol elektronik yang berbeda. yakni Power Mode Selector, Anti-lift Control system, Bi-directional Quick Shift System, Motion Track Traction Control System, dan Engine Brake Control System.

S.I.R.S. juga dilengkapi dengan Active Speed ​​Limiter, yang diklaim Suzuki merupakan adaptasi pertama untuk model produksi di industri sepeda motor. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menetapkan batas kecepatan yang tidak boleh dilampaui sepeda dalam keadaan tertentu.

Berbagai pilihan mode ditawarkan untuk setiap sistem kontrol elektronik agar lebih sesuai dengan berbagai kondisi berkendara, mulai dari city riding hingga touring, balapan, sesuai keinginan dan tingkat keahlian pengendara.


Teks: Indramawan

Foto: www.globalsuzuki.com