top of page
  • Gambar penulisEditor

Ayla Dongkrak Penjualan Daihatsu di IIMS Surabaya 2023

Selama IIMS Surabaya 2023 Daihatsu targetkan 200 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).

Daihatsu targetkan 200 SPK di IIMS Surabaya 2023.


OTOPLUS ONLINE I Dari data penjualan wholesales yang dirilis GAIKINDO, pada periode Januari-April 2023 Daihatsu mengukuhkan posisinya di peringkat kedua pasar mobil Tanah Air dengan meraih volume penjualan sebanyak 65.119 unit.


Raihan itu membuat market share Daihatsu di pasar mobil Indonesia naik jadi 19,1 persen.

Ayla menarik banyak minat anak muda generasi millenial.


“Dalam dua bulan terakhir, penjualan Daihatsu terdongkrak dengan kehadiran All New Ayla. Ayla merupakan salah satu backbone Daihatsu selain GranMax dan Sigra,” kata David Gunawan, Regional Head Jawa Timur, Bali & Nusra, PT Astra International Tbk. –Daihatsu Sales Operation (AI–DSO) yang dijumpai di sela-sela penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2023.


Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2023, menempati area seluas 253 m2, booth Daihatsu yang hadir dengan desain tata ruang ala Memphis Art terasa nyaman dan bersahabat dengan nuansa ceria, aktif, dan youthful seakan sengaja didesain untuk menyambut generasi milenial, namun tetap dapat dinikmati oleh seluruh sahabat Daihatsu.

Platform dan mesin yang semuanya baru, All New Astra Daihatsu Ayla menawarkan rasa berkendara yang lebih baik dari generasi pendahulunya.


Pada perhelatan ini, Daihatsu menghadirkan 5 model andalan, yaitu All New Astra Daihatsu Ayla R CVT ADS (Ruby Red) diapit Daihatsu Rocky R MT ADS (Yellow) dan Astra Daihatsu Sigra 1.2 R MT (Orange) serta New Terios R MT (Putih) dan All New Xenia 1.3 R MT (Purplish silver).

Rocky jadi SUV paling terjangkau, fitur-fiturnya pun sangat memadai buat anak muda dan keluarga muda.


“Selama penyelenggaraan IIMS Surabaya 2023 kami menargetkan dapat meraup sebanyak 200 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan),” ucap David. Prediksinya, produk LCGC Ayla dan Sigra diharapkan dapat berkontribusi sekitar 30-35 persen diikuti Xenia dan Terios sebanyak 25 persen disusul Rocky sebesar 15 persen.


Target itu dipatok setelah melihat kondisi perekonomian dan Covid-19 yang sudah semakin kondusif.



David mengakui, meski penjualan segmen LCGC Daihatsu paling tinggi, margin yang didapatkan dari penjualan kendaraan segmen itu tidak banyak.


Namun karena volumenya yang tinggi, akan berimbas multiplier effect ke industri lain seperti lembaga pembiayaan dan asuransi.



“Selama ini sekitar 80 persen pembelian Daihatsu dilakukan dengan cara kredit. ACC terus berinovasi dengan menawarkan paket kredit yang semakin mudah dijangkau oleh masyarakat seperti tenor kredit sampai 8 tahun atau skema pembayaran baloon payment. Dengan begitu kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil dapat terpenuhi,” ujar Hendra Lesmana, Branch Manager ACC Surabaya.


Kenaikan volume penjualan mobil imbas kemudahan paket kredit yang ditawarkan otomatis juga akan menaikkan omzet asuransi yang umumnya menyertai program kredit.



“Idealnya dua tahun pertama memilih asuransi jenis komprehensif, setelahnya baru jenis TLO,” tukas Mulia Wansyah, Regional Manager Asuransi Astra wilayah Jatim & Indonesia Timur.


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page