• Editor

Ban FDR Hadirkan Progresif TWI, Apa Fungsinya?


FDR Tire membagikan banyak hadiah dan diskon sepanjang Telkomsel IIMS 2019.

Sobat tahu artinya Tread Wear Indicators (TWI)? TWI adalah indikator untuk melihat tingkat keausan ban. Apabila permukaan ban yang sudah sejajar dengan TWI, maka ban tersebut harus diganti.


TWI biasanya berbentuk tanda segitiga, yang terdapat di bagian samping ban. Meski begitu, ternyata TWI saja tidak cukup untuk menjadi penanda tingkat keausan ban. Pasalnya, TWI kerapkali sering disepelekan pengendara.


Karena itu, FDR, produsen ban motor nasional mengembangkan cara lain yang disebut progresif TWI. seperti dikatakan Elsafan Rendianto, Department Head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.


"Progsesif TWI milik FDR berbentuk beberapa bulatan, yang terdapat di permukaan ban. Posisi bulatan sejajar dengan ban, dan memiliki tingkat kedalaman berbeda satu sama lain. Dari yang dangkal sampai cukup dalam," ujarnya.


Rendi yang juga mengatakan selama ajang Telkomsel IIMS 2019 FDR Tire all varian terjual sebanyak 232 pcs menambahkan, pada progresif TWI ada tiga bulatan, yang mana tiap bulatan berbeda dan punya tingkat kedalaman 25 hingga 75 persen.


Dijelaskan Rendi, melihat progesif TWI cukup mudah. Jika bulatan pertama, yakni kedalaman 25 persen sudah hilang, artinya kondisi ban tinggal 75 persen dan begitu seterusnya.


"Jika bulatan 75 persen sudah hilang, kondisi ban sebetulnya tinggal 25 persen. Progsesif TWI ini dibuat supaya pengendara lebih mudah membaca kondisi ban mereka," tukasnya.


Kalau sekadar TWI, sering pengendara mengabaikannya karena dikira jarak antara ujung segitiga dengan ban masih jauh padahal kondisi ban mereka sudah aus. "Meski demikian, TWI standarnya tetap tercetak di ban FDR," ungkapnya.

Sejumlah line up FDR Tire selama Telkomsel IIMS 2019.

Pada ajang Telkomsel IIMS 2019 lalu, FDR memperkenalkan ban buat balap dan harian, yakni Blaze RS dan RX. Menggunakan kompon intermediate, dan tersedia dalam ukuran 120/65 R17 55 H dam 140/60 R17 63 H.


Selama Telkomsel IIMS 2019, Blaze RS dan RX terjual lebih dari 15 pcs. Pembelinya beragam, mulai dari komunitas sampai pengguna harian. Mereka cukup membayar harga Rp1 jutaan sudah dapat sepasang Blaze RS atau Blaze RX.


"Oiya, menjelang ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini, di PRJ kami akan memperkenalkan 'sesuatu' yang baru. Tunggu saja tanggal mainnya ya, ini saya katakan sekadar teaser saja," jawab Rendi ramah.


Naskah & Foto: Wave