• Editor

Bedah Fitur dan Teknologi Kawasaki Ninja ZX-25R


  • Kawasaki Ninja ZX-25R warna biru bisa menjadi salah satu warna pilihan konsumen.

Kawasaki memperkenalkan Ninja ZX-25R, all-new 250cc supersport dengan 4 empat silinder segaris (inline four) yang kompak, berpendingin cairan, DOHC pada (6/7) kemarin. Pihak Kawasaki mengkalim, spek mesin seperti ini merupakan yang satu-satunya di kelasnya. Itu menurut riset pasar untuk sepeda motor produksi massal per Februari 2020, yang dilakukan secara internal oleh Kawasaki.


Memang secara umum, motor 250cc mengusung mesin dua silinder. Lantas apa kelebihan Ninja 250cc dengan mesin 4 silinder segarisnya yang diklaim tetap kompak alias ramping?


Secara teori, karena menggunakan empat piston, maka diameter bore bakal lebih kecil dibanding mesin dua silinder dengan kapasitas yang sama. Juga stroke menjadi lebih pendek dibanding mesin dua silinder atau satu silinder.


Nah dengan stroke lebih pendek ini, mesin bisa bergerak lebih ringan dari mesin dengan stroke panjang. Dengan begitu, poros engkol (crankshaft) lebih cepat berputar sehingga putaran mesin (rpm) bisa lebih tinggi, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar, karena torsi puncak bisa bergerak ke putaran mesin lebih tinggi.


Bonus lainnya adalah, suara yang dihasilkan lebih indah seperti yang bisa didengarkan lewat tautan berikut ini: https://twitter.com/i/status/1209375987642691585.


Ini sesuai dengan penjelasan Michael C. Tanadhi, Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). “Kami menawarkan performa mesin Ninja ZX-25R yang sudah lama ditunggu-tunggu. Mengusung mesin 250cc, 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 50 PS tanpa ram air dan 51 PS dengan ram air, dengan putaran mesin yang cepat, respon throttle yang cepat pula, dan berkarakter fleksibel dengan kombinasi torsi low-mid yang kuat untuk keperluan city riding, dan screaming power di rpm tinggi untuk riding di sirkuit hingga melewati 17.000 rpm."


Dari sini bisa dipahami bahwa Ninja ZX-25R memilki powerband yang kuat dan merata mulai putaran bawah ke tengah hingga putaran atas yang tinggi sehingga fleksibel untuk segala kebutuhan berkendara. Kelebihan ini yang membedakan antara mesin 250cc, 4 silinder dibanding 250cc, 2 silinder, di samping suara jeritan suara mesinnya.

  • Kawasaki Ninja ZX-25R standar dibanderol harga Rp 96 juta dengan sejumlah fitur istimewa.

Secara tampilan body, Ninja ZX-25R dilengkapi rangka high-tensile steel trellis yang impresif, terinspirasi desain motor balap Kawasaki di ajang World Superbike (WSBK). Sasis kunci dari motor ini, seperti posisi pusat gravitasi, posisi lengan ayun pivot, posisi mesin axis, caster angle, dan lainnya terinspirasi dari Ninja ZX-10RR di ajang WSBK.


Penyematan suku cadang mumpuni, seperti suspensi depan diameter 37 mm inverted fork, dengan internal Separate Function Fork-Big Piston (SFF-BP). Yaitu menggabungkan konsep Showa SFF dan BPF. Selain untuk penggunaan sehari-hari, fork kekinian tadi juga siap digunakan untuk racetrack. Sedangkan bagian belakang memakai suspensi Back-Link Horizontal.


Komponen performa tinggi lainnya, mampu membuat Ninja ZX-25R menjadi mampu bergerak lebih gesit. Di samping itu memiliki karakter handling bergaya supersport, baik untuk di sirkuit maupun bermanuver ringan di jalan raya.


Styling Ninja ZX model yang satu ini diperkuat kehadiran LED lighting, instrumentasi high-class, serta finishing yang baik. Pada akhirnya menciptakan perpaduan apik, yang dapat membuat tertarik setiap mata yang memandangnya.


Selain itu dilengkapi juga dengan fitur-fitur berteknologi tinggi, untuk memberikan performa baik. Seperti fitur Traction control dan pada model Special Engine (SE) memiliki dual direction quick shifter, yang semakin memberi keunggulan pada Ninja kelas 250cc ini.


Kembali ke area mesin, high-spec ECU pada mesin Ninja ZX-25R dapat mengontrol volume bahan bakar (via fuel injector) dan udara (via throttle valves) secara elektronik, yang dikirimkan ke mesin. Sehingga membuat Electronic Throttle Valves (ETV) tak hanya memberi respon mesin yang halus, namun juga membuat pengendara dapat menggunakan Kawasaki Electronic Rider Support System seperti traction control, selectable power modes, dan dual-direction quick shifter.


Fitur andalan Kawasaki Ninja ZX yang lainnya adalah posisi Ram Air Duct System, yang diposisikan di tengah, memberikan filling efficiency, sehingga meningkatkan performa mesin. Desain ini merupakan umpan balik dari Ninja H2.


Posisi header pipes dan collector pipe terinspirasi dari Kawasaki Ninja ZX-6R. Joint pipes terhubung dengan header, memberikan performa low-end yang lebih kuat. Pre-silencer chamber berukuran 4.5 liter dilengkapi dengan konstruksi dual-chamber (inner/outer).

  • Kawasaki Ninja ZX-25R versi ABS SE seharga Rp 112 jutaan.

ZX-25R merupakan motor 250cc pertama yang punya fitur traction control. Sistem ini semakin meningkatkan performa sport riding dan memberi ketenangan saat menghadapi permukaan jalan tak rata. Mode Three-Rider Selectable pada motor ini menawarkan berbagai tingkat instruksi yang dapat dipilih, sesuai situasi riding dan preferensi pengendara.


Terdapat pilihan full power atau low power mode, membuat pengendara dapat mengatur aliran power sesuai kondisi dan preferensi. Full power untuk menikmati performa 4 silinder yang alami, dan low power untuk aliran power dan respon gas yang oplimalkan saat cuaca kurang baik, atau disesuaikan dengan kondisi jalan.


Pertama kalinya motor 250cc memiliki clutchless upshift dan downshift untuk akselerasi tanpa hentakan, dan deselerasi yang cepat dan mudah. Saat riding di jalan raya, pengendara tak perlu menggunakan kopling terus menerus, untuk kenyamanan.


Kawasaki Ninja ZX-25R hadir ke Indonesia dalam 2 (dua) tipe, yaitu standard dan ABS-SE. Tipe SE memiliki tambahan grafis warna, serta beberapa fitur dan aksesoris, antara lain rem ABS, KQS dua arah, pillion seat cover/single seat cover, smoked windshield, frame slider, dan wheel rim tape.

Tipe standard hadir dalam warna Metallic Spark Black (hitam) dan dibanderol harga Rp 96 juta. Sedangkan tipe ABS-SE hadir dalam 3 (tiga) warna; Lime Green/Ebony (ABS SE), Metallic Spark Black/Pearl Flatdust White, Candy Plasma Blue/Metallic Spark Blue, dipatok harga Rp 112,9 juta.


Baca juga: Penginden Kawasaki ZX-25R Inipun Gigit Jari Gara-Gara COVID-19


Teks: Setiawan AS

Foto: KMI