top of page
  • Gambar penulisEditor

Bedah Fitur dan Teknologi Yamaha LEXi LX 155 Terbaru

Usung mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru lebih minim vibrasi dan gesekan, sehingga akselerasi dan performa lebih bertenaga serta responsif.


OTOPLUS-ONLINE I Setelah lama dibiarkan tanpa penyegaran, akhirnya pada Jumat 12 Januari 2024 kemarin, Yamaha memperkenalkan model terbaru dari Lexi, yakni LEXi LX 155.


Dari namanya, LEXi LX 155, langsung tergambar LEXi terbaru ini tak lagi menggunakan mesin 125cc, tapi sudah digantikan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru.


Menurut keterangan Dyonisius Beti, President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru ini lebih minim vibrasi dan gesekan, sehingga membuat akselerasi dan performa motor menjadi lebih bertenaga serta responsif.


Nah kelebihan apa lagi yang ditawarkan LEXi LX 155 dengan konsep ”Simple but MAXi” ini?


Desain



LEXi LX 155 juga memiliki desain anyar yang mempunyai karakter khas MAXi Yamaha dengan dimensi MAXi yang terlihat lebih sporty, elegan dan modern.


Pada bagian body motor ini juga memiliki lampu depan dan belakang dengan desain baru menggunakan teknologi LED yang lebih terang dan awet.


Kesan premium bertambah karena dilengkapi blue lenses berbentuk V-Lines pada lampu depan. Selain itu, terdapat full LCD speedometer dengan desain baru yang futuristik dan informatif.


Performa



LEXi LX 155 dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru. Sentuhan pembaharuan tersebut dapat dilihat pada design camshaft, piston dan head serta jalur oli, sehingga menghasilkan performa lebih baik karena minim gesekan serta vibrasi.


Mesin terbaru pada LEXi LX 155 menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.2 Nm/6500 rpm. Selain itu, mesin LEXi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled.


Pada mesin produk teranyar Yamaha ini sudah disematkan Stop & Start System yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.


Selain itu terdapat Smart Motor Generator berfungsi membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.


Istimewanya untuk LEXi LX 155 Connected ABS memiliki sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System)* untuk mengoptimalkan pengereman saat berkendara dan semakin nyaman dikendarai.


Kenyamanan



Selain dibekali dengan mesin baru, LEXi LX 155 mempunyai keunggulan yang merupakan ciri khas LEXi yaitu flat footboard yang memudahkan pengguna mengakses ruang kaki saat berkendara.



Kenyamanan posisi berkendara juga didukung ruang kaki lega dan desain jok baru yang lebih rendah dan ramping sehingga lebih nyaman dikendarai sendiri maupun berboncengan, layak jadi pilihan untuk penggunaan sehari-hari.


Pada bagian kaki-kaki, motor ini dilengkapi dengan Sub-Tank Suspension* untuk peredaman yang lebih optimal sehingga turut mendukung performa berkendara yang lebih nyaman di berbagai kondisi jalan.



Kenyamanan mengendarai LEXi LX 155 semakin bertambah karena memiliki ban lebar tubeless dengan ukuran ban depan 90/90 – 14”, ban belakang 100/90 – 14”.


Fitur dan Teknologi



Kualitas skutik anyar ini semakin dapat diandalkan karena memiliki bobot teringan di kategori MAXi Yamaha dengan berat isi 116-118 kg*. Hal ini mendukung kelincahan saat dikendarai dan memudahkan ketika diparkir.



Selain itu terdapat Handlebar Switch Control dengan desain baru, fitur ini berfungsi memudahkan untuk merubah informasi dan pengaturan pada speedometer dengan tombol pengatur ada di handle sebelah kiri.



Tak ketinggalan, untuk mendukung kelancaran komunikasi biker LEXi LX 155 disematkan electric power socket yang bermanfaat untuk mengisi daya gadget.



Yamaha juga menyediakan teknologi modern pada LEXi LX 155, di antaranya pengendara dapat menggunakan Smart Key System* yaitu sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) dilengkapi fitur Answer Back System yang memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.



Dan termasuk untuk memenuhi kebutuhan konsumen di era modern yang selalu up to date, biker dapat terkoneksi dengan motor melalui aplikasi Y-Connect*.


Dengan menginstal aplikasi Y-Connect dan menghubungkan smartphone ke S-CCU motor, pengguna dapat menerima berbagai informasi bermanfaat.


Di antaranya memperoleh informasi mengenai rekomendasi perawatan motor, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, notifikasi pesan dan telfon masuk yang tampil pada speedometer, ranking berkendara terkait jarak tempuh (mileage) dan konsumsi bensin (eco point), riding log atau histori perjalanan serta Revs Dashboard berpenampilan atraktif.


Varian dan Warna

Yamaha menyediakan LEXi LX 155 dalam tiga varian yaitu LEXi LX 155 Connected ABS dengan warna Magma Black, sedangkan LEXi LX 155 S Version mempunyai tiga warna yakni Magma Black, Elixir Dark Silver dan Matte Red, serta LEXi LX 155 dengan warna Metallic Black, Matte Grey dan Metallic Red.


Harga

Yamaha memasarkan LEXi LX 155 Connected ABS seharga Rp 29.900.000 OTR Jakarta, LEXi LX 155 S version Rp 26.850.000 OTR Jakarta, dan LEXi LX 155 Rp 25.350.000 OTR Jakarta.


Garansi

LEXi LX 155, sudah dilengkapi dengan garansi 5 tahun/50.000 km** yang meliputi Rangka, Forged Piston & DiASil Cylinder, dan komponen Fuel Injection.


Keterangan:

*Spesifikasi dan fitur hanya terdapat pada LEXi LX 155 varian tertentu

**Mana yang tercapai lebih dulu


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha Indonesia

bottom of page