top of page
  • Gambar penulisEditor

Bedah Fitur YZF-R15 V4 dan YZF-R15M Andalan Yamaha India di Segmen Sport

Motor Yamaha dengan mesin terkecil pertama yang dilengkapi Traction Control dan Quickshifter.

YZF-R15 V4 tersedia di semua dealer Yamaha di India pada akhir September 2021, dengan harga mulai Rs. 167.800 atau sekitar Rp32 juta


OTOPLUS-ONLINE I India Yamaha Motor (IYM) Pvt Ltd. pada 21 September 2021 lalu merilis YZF-R15 V4. Kode V4 di sini adalah singkatan Version 4, yang mana menunjukkan ini adalah generasi keempat dari supersport 155cc gacoan Yamaha tersebut.

YZF-R15M dalam warna Metallic Grey yang mengingatkan pada YZF-R1M,


Selain itu, pada saat bersamaan juga diperkenalkan YZF-R15M, yang mengusung warna YZF-R1M dan beberapa fitur khusus, yang semakin memperkaya jajaran model di segmen ini.



Berikut ini beberapa fitur penting pada YZF-R15 V4:

Upside Down Front Fork: Untuk meningkatkan pengendalian sporty di trek berkelok, R15 V4 menggunakan suspensi depan upside down 37 mm. Suspensi ini meningkatkan kekakuan dan memberikan stabilitas saat berbelok dengan kecepatan tinggi, atau selama pengereman keras.


Traction Control System: sistem elektronik khusus yang memiliki kemampuan mengurangi kemungkinan terjadinya wheel-spin atau roda belakang selip karena kehilangan traksi.


Quick Shifter (YZF-R15 V4-Racing blue colour & YZF-R15M): memungkinkan perpindahan naik gigi tanpa kopling sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara, karena pengendara tak perlu repot tarik kopling atau buka tutup gas sebelum dan sesudah perpindahan gigi.


Bluetooth connectivity Yamaha Motorcycle Connect: Dapat tetap terhubung bahkan saat bepergian berkat aplikasi Yamaha Y-Connect yang menampilkan notifikasi telepon di layar kluster instrumen. Seperti pemberitahuan panggilan masuk atau tidak terjawab, notifikasi pesan atau email di ponsel, menginfokan konektivitas motor dengan aplikasi Y-Connect di ponsel, atau status baterai smartphone.


New LCD instrument cluster: Cluster instrumen LCD baru terinspirasi YZF-R1 dengan indikator perpindahan gigi, dan Track & Street Mode.


Warna: YZF-R15 V4 hadir dalam tiga warna menarik: Racing Blue, Dark Knight, dan Metallic Red.


Jajaran YZF-R15 2021 menggunakan mesin 155cc, 4-tak, berpendingin cairan, SOHC, 4-katup yang hasilkan tenaga maksimum 18,4 PS pada 10.000rpm, torsi 14,2 Nm pada 7.500rpm. Selain itu menggunakan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dikawinkan gearbox 6-percepatan


Fitur umum lainnya bisa ditemukan pada jajaran YZF-R15 2021 sebelumnya, termasuk kopling A&S, sistem pendingin termostat tipe Bypass, Muffler dengan ruang ekspansi 3 tahap, rangka Deltabox, suspensi belakang Monocross tipe Linked dan ABS Dual-Channel.

Untuk pertama kalinya, pada motor Yamaha bermesin silinder tunggal menggunakan quick-shifter yang menjadi standar pada YZF-R15 V4 Racing Blue dan YZF-R15M. Quick-shifter bekerja ketika kecepatan di atas 20 km/jam, dan putaran mesin berada di 2.000 rpm atau lebih, dan pada kondisi sedang berkaselerasi.


Sementara beberapa detail pembaruan pada YZF-R15 V4 di antaranya:

  • Tombol Trip/Info yang baru dirancang diposisikan di stang kanan, untuk beralih antara mode tampilan dan info yang ditampilkan.

  • Desain fairing baru mengurangi koefisien drag aerodinamis (CdA) dari 0,307 pada model saat ini menjadi 0,293.

  • Subframe yang diperkuat untuk menyesuaikan keseimbangan sasis.

  • Jok yang didesain ulang untuk pemindahan distribusi berat yang mudah (ketika bermanuver), pegangan yang baik, dan jangkauan tanah yang mudah.

Model baru YZF-R15 juga merupakan motor cc kecil pertama Yamaha dengan transmisi manual yang memiliki fitur Traction Control System.


Sementara fitur eksklusif yang hanya ditemukan pada YZF-R15M, meliputi:

YZF-R15M menyediakan pilihan warna Race yang terinspirasi Monster Energy Yamaha MotoGP Edition

  • Skema warna khusus Metallic Grey yang mengingatkan pada YZF-R1M, dan warna Race yang terinspirasi Monster Energy Yamaha MotoGP Edition

  • Bahan sarung jok seperti karbon (Rider & Pillion) dan logo bordir di jok pembonceng

  • Tutup garpu biru anodized

  • Kaliper Rem warna emas

Yamaha YZF-R15 V4 juga tersedia dalam pilihan warna metallic red


Spesifikasi

Tipe mesin: Liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valve Kapasitas: 155 CC Bore x stroke: 58.0 mm x 58.7 mm

Rasio kompresi: 11.6 : 1 Tenaga maksimum: 13.5kW(18.4PS)/10000 rpm Torsi maksimum: 14.2 Nm (1.4 kgfm) @7,500 RPM Sistem starter: Electric starter Tipe transmisi: Constant mesh, 6-speed Tipe kopling: basah, multiple-disc Sistem bahan bakar: Fuel injection


Dimensi dan Berat

Panjang: 1,990 mm Lebar: 725 mm Tinggi: 1,135 mm Tinggi jok: 815 mm Jarak sumbu roda: 1,325 mm Jarak ke tanah minimum: 170 mm Berat (dengan oli dan tangki bahan bakar penuh): 142 kg Kapasitas tangkli bahan bakar: 11 L


Rangka

Tipe rangka: Deltabox Suspensi depan: Telescopic upside Down Fork (USD Fork) Diameter fork depan: 37.0 mm Suspensi belakang: Linked-Type Monocross Suspension Tipe rem depan: Disc brake (282 mm) Tipe rem belakang: Disc brake (220 mm) ABS: Dual channel Ban depan: 100/80-17M/C 52P - Tubeless Ban belakang: 140/70R17M/C 66H - Radial Tubeless


Kelistrikan: Baterai 12V, 4.0Ah Lampu depan: Bi-functional LED (Class D) Position light: LED Lampu belakang / rem: LED Speedometer: Digital Tachometer: Digital Fuel meter: Digital


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha India

bottom of page