• Editor

Begini Cara Merawat Cat Warna Gelap


Warna gelap butuh perawatan ekstra.


Menurut data statistik  Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) di Inggris,  warna hitam merupakan salah satu warna mobil favorit pilihan konsumen selain putih, abu-abu dan perak (silver). Warna gelap jadi favorit karena selain termasuk warna netral dan tidak membosankan juga dapat memberikan kesan mewah dan berwibawa.

Di balik kelebihan tersebut, mobil dengan warna gelap membutuhkan perawatan ekstra pada lapisan catnya karena warna gelap cenderung reflektif dalam mengekspos kotoran, debu, juga baret yang terdapat di permukaan lapisan cat tersebut. Bagaimana merawatnya? Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot menuturkan beberapa tips.

“Penting untuk diperhatikan adalah waktu yang ideal untuk mencuci mobil. Sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum sinar matahari mulai beranjak terik. Idealnya sekitar pukul 6-8 pagi. Apabila sinar matahari sudah terlalu terik, tetesan air yang jatuh ke permukaan cat akan langsung menguap terkena panas mentari dan menyisakan bekas noda putih.”

Swirl atau baret halus mudah sekali terlihat di atas permukaan cat berwarna gelap.


Pencucian diawali dengan terlebih dulu membersihkan bagian roda. Tujuannya agar roda dan ruang roda bersih dari pasir dan debu yang berpotensi melukai permukaan cat. Setelah keempat ruang roda bersih dilanjutkan dengan membasahi seluruh bodi untuk mengusir debu atau kotoran yang menempel di atas permukaaannya.

Setelah debu atau kotoran yang menempel berkurang, teruskan dengan menyeka permukaan cat menggunakan lap microfiber dan car shampoo yang ph balanced. Lakukan penyekaan dari bagian atas dengan gerakan searah. Pada tahap ini hindari penggunaan lap PVC/chamois karena bila ada debu atau pasir yang tak sengaja terdapat di lap PVC/chamois dapat berisiko menyebabkan baret di atas permukaan cat.

Langkah berikutnya, bilas menggunakan air hingga tidak tersisa car shampoo di atas permukaan cat. Segera keringkan seluruh permukaan bodi mobil, boleh dengan kain lap PVC/chamois atau akan lebih baik jika menggunakan lap kain microfiber.

Untuk menjaga warna gelap tetap kinclong dan pekat atau memperbaiki mobil berwarna gelap yang terlanjur kusam, diperlukan perawatan ekstra dengan rutin melakukan pemolesan. Selain untuk mengembalikan warna yang pudar, langkah itu juga untuk memberikan lapisan ekstra sebagai pelindung permukaan cat.


Di toko-toko perkakas otomotif, sentra otomotif atau paling mudah saat ini via toko online kalian akan mudah mendapatkan produk-produk perawatan cat. Cari yang khusus untuk warna-warna gelap karena kandungan senyawanya akan lebih efektif mengembalikan kilau warna-warna gelap.

Setelah pencucian, proses mengembalikan warna gelap yang kusam diawali dengan mengangkat kotoran yang melekat menggunakan clay bar. Usai permukaan bodi benar-benar bersih yang bisa diketahui  dengan meraba permukaannya barulah kita mengaplikasi kompon lembut (white compound) untuk menghaluskan permukaan cat sekaligus membuka pori-porinya. Seka menggunakan microfiber yang kemudian diteruskan dengan mengaplikasi wax khusus warna gelap yang memang diformulasi untuk mengangkat kembali kualitas warna aslinya. Lakukan bidang  per bidang jangan dilakukan pemolesan sekaligus.

New Peugeot 5008 SUV GT Line yang terlihat mewah dengan warna gelap Emerald Crystal.


“Pastikan formulasinya bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper,” wanti Samsudin.

Pilih produk car wax yang mengandung pigmen warna gelap yang sangat kecil sehingga mampu masuk ke dalam pori-pori cat untuk kembali menghasilkan warna kembali pekat. Juga kemampuan mengangkat noda membandel akibat oksidasi ringan dan menutup swirl mark atau baret-baret halus.

Teks & Foto : Nugroho Sakri Yunarto


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online