top of page
  • Gambar penulisEditor

Begini Penampakan Sosok New Kia Carnival


Kia Motors Corporation rencana memasarkan new Carnival secara global pada kwartal ketiga tahun 2020.

Kia Motors Corporation membocorkan ke publik, gambar pertama new Kia Carnival, generasi keempat dari minivan andalan mereka beberapa waktu lalu di Seoul, Korea Selatan. Dirilis dalam spesifikasi Korea, new Kia Carnival, yang dijual di banyak pasar di seluruh dunia sebagai Kia Sedona, kabarnya dirancang untuk menarik keluarga muda, dengan kombinasi utama inovasi, fleksibilitas, dan gaya.


Model baru yang dijuluki ’Grand Utility Vehicle’ ini menawarkan evolusi desain untuk Carnival. Dibangun di atas warisan para pendahulunya, dengan mencoba memberi penekanan rasa arsitektur yang lebih solid, dan penampilan yang ditingkatkan, mengacu pada etos desain menyeluruh.


Menghubungkan semua identitas desain mobil Kia, dipadu detail sangat rinci, dan futuristik. Elemen desain terinspirasi SUV, membuat model baru ini menghadirkan gaya lebih kuat di segmen MPV berukuran sedang.


New Carnival model anyar ini memiliki overhang depan lebih pendek, dengan dasar pilar-A bergerak mundur, untuk membuat kap lebih panjang. Peningkatan jarak sumbu roda juga berkontribusi pada ruang yang lebih luas di seluruh kabin, sekaligus memberi siluet lebih atletis pada mobil. Hasilnya, profil samping yang mengungkapkan DNA Carnival yang lebih dinamis.


Konsep dinamis diperkuat garis karakter sederhana namun berani, yang membentang sepanjang mobil, menghubungkan lampu depan dan belakang. Di bawah garis yang jelas ini, Carnival menampilkan penonjolan pada bodywork-nya. Melalui lengkungan roda yang berani, dan garis-garis tajam di sepanjang bodi, memberikan penampilan yang lebih terpahat.


Menampilkan desain 'island roof' yang unik, didukung pilar A dan B berwarna gelap. Oiya, di bagian samping, salah satu fitur yang menonjol adalah ciri khas desain pilar C baru yang menarik, terinspirasi desain Sorento baru. Chrome fin di bawah jendela belakang yang meruncing dan memanjang ke arah bagasi, diakhiri ‘diamond cut’, yang juga tercermin di seluruh interior mobil.


Desain Symphonic Architecture

  • Penampakan new Kia Carnival di Seoul, Korea Selatan.

Kia Carnival menampilkan 'tiger face' baru, memanjang melintasi lebar kendaraan. Memadukan lampu dengan gril ikonik 'tiger nose' Kia. Desainer Kia menjulukinya ‘symphonic architecture’, dengan desain bagian depan menyatukan berbagai fitur teknis, untuk menciptakan harmoni dan energi baru.


Gril dan lampu terdefinisi detail berteknologi dan presisi tinggi, dengan chrome trim di atas gril, serta membentuk garis karakter sendiri pada muka mobil. Bagian tepi dari gril atas dipasangkan lipatan tegak lurus memanjang ke atas kap. Menampilkan kesan yang lebih terarah ketika dilihat langsung.


Lampu depan dan LED daytime running light (DRL) membentuk cahaya unik dan berciri khas. Lampu jauh terintegrasi ke sudut gril ‘tiger nose’, dengan lampu dekat terpisah dan berada di tepi luar depan mobil. Lampu DRL melengkapi lampu sein Canival, lalu menuju bagian bawah, dan menyatu dengan batas bawah chrome grille.


Terinspirasi SUV


  • Bagian belakang new Kia Carnival yang memang terinspirasi SUV.

Bumper new Carnival yang diukir, dan asupan udara lebih rendah, cocok dengan trim metallic dan bumper bawah berwarna hitam. Kombinasi ini menghadirkan penampilan Carnival yang kuat, yang terinspirasi oleh SUV.


Pada bagian belakang, Carnival menawarkan desain baru yang menggunakan garis lebar untuk menekankan rasa solidity. Di dalamnya termasuk lampu kombinasi bermodel ramping, yang menggemakan detail yang sama seperti DRL di bagian depan, diintegrasikan ke pencahayaan lebar dan penuh.


Light bar terhubung secara visual ke garis tajam memanjang ke bawah, dan membungkus plat nomor. Di atasnya ada garis krom, yang dimulai dari dasar pilar C, membungkus di sekitar layar belakang. Di bawah light bar, garis memanjang melintasi bagasi untuk meningkatkan pusat visual bagian belakang mobil.


Lebih jauh terkait desain yang terinspirasi SUV, Carnival diakhiri skid plate di bagian bawah berwarna metalik, menjadikan penampilan mobil yang lebih kuat.


Sementara ini new Carnival akan dijual di Korea, pasar domestik Kia. Lalu kuartal ketiga tahun 2020 mulai menyasar penjualan global. Adapun detail produk lainnya akan segera dirilis Kia Motors Corporation.


Teks: Setiawan AS

Foto: Kia Motors Corporation

bottom of page