• Editor

Belum Diketahui Kondisi Fausto Gresini Setelah Dirawat Akibat COVID-19


Update 2 Januari 2021: Kondisi Fausto Gresini mulai membaik setelah sempat jalani pharmacological coma


Sejak dipindahkan dan dirawat di rumah sakit Maggiore Carlo Pizzardi di Bologna, Italia sampai sekarang belum diketahui bagaimana kondisi terkini pimpinan sekaligus pemilik tim asal Italia, Gresini Racing MotoGP ini.


Seperti yang telah banyak diberitakan, hasil tes yang dilakukan Fausto Gresini jelang Natal kemarin menunjukkan positif Corona, setelah sebelumnya menunjukkan gejala-gejala.


Setelah sempat menjalani isolasi mandiri selama beberapa hari, akhirnya pada 27 Desember 2020, Fausto Gresini dilarikan ke rumah sakit Sant Maria della Scaletta di Imola, sebelum akhirnya dipindahkan ke rumah sakit Maggiore Carlo Pizzardi di Bologna, Italia sampai sekarang.


“Di rumah sakit Maggiore Carlo Alberto Pizzardi, Bologna ini, Fausto menjalani perawatan khusus untuk penanganan COVID-19. Kondisinya akan terus kami pantau, dan setiap perkembangan akan kami informasikan.” Itulah pernyataan resmi yang dikeluarkan juru bicara Gresini Racing MotoGP pada 30 Desember kemarin.


Update 2 Januari 2021:

Terkait dengan kondisi terkini Fausto Gresini, OTOPLUS-ONLINE coba terus menghubungi pihak yang punya hubungan khusus, di antaranya Federal Oil yang menjadi sponsor utama tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2).


Dari informasi yang kami terima melalui PR eksternal Federal Oil , kondisi Fausto Gresini perlahan mulai membaik. Sebelumnya para dokter sempat memutuskan mengambil langkah pharmacological coma. Yakni menempatkan pasien dalam kondisi temporary coma melalui obat-obatan, dengan tujuan menghindarkan otak dari kerusakan.


Langkah pharmacological coma ini diberikan ketika Fausto Gresini tiba di Rumah Sakit Maggiore Carlo Alberto Pizzardi, Bologna, Italia pada 30 Desember kemarin.


Saat itu kandungan oxygen saturation level dalam darah Fausto Gresini sangat rendah, sehingga para dokter memutuskan mengambil langkah pharmacological coma tersebut,


Langkah ini diambil dengan tetap memperhatikan prosedur endotracheal intubation, yakni memberikan oksigen melalui trakea sehingga kebutuhan organ tubuh tetap terpenuhi.


Syukurlah, semua langkah ini menunjukkan hasil yang baik, sehingga kini Fausto Gresini memasuki proses penyadaran dari koma sementara yang dilakukan secara perlahan, supaya memungkinkan terjadinya lung ventilation secara independen.

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Fausto Gresini mewakili Gresini Racing (kiri) dan Patrick Adhiatmadja mewakili Federal Oil yang telah memasuki tahun ke-10.


Nama Fausto Gresini sudah sangat dekat dengan masyarakat Indonesia, terkait kerjasama antara Federal Oil dan tim Gresini Racing yang hingga sekarang memasuki tahun ke-10.


Baca: Federal Oil Kembali Jadi Sponsor Utama Gresini Racing di Kejuaraan Moto2 2021


Selain itu Gresini Racing juga menjadi mitra yang digandeng Indonesian Racing, yakni tim balap Indonesia yang akan berlaga di 4 kelas balap motor dunia (MotoE, Moto3, Moto2, dan MotoGP) terhitung mulai tahun 2021 ini, untuk memuluskan langkah pembalap Indonesia tampil di MotoGP 2022.


Teks: Indramawan, Setiawan AS

Foto: motogp.com, dok.otoplus-online