• Editor

Bisa Jadi Home Test Drive Akan Menjadi New Normal

Suzuki mengklaim, konsumen beranggapan selain lebih mudah, pengajuan home test drive lewat website juga tidak makan waktu banyak. Alasan inilah yang besar kemungkinan menjadikan home test drive sebagai kebiasaan baru.

Home test drive Suzuki mengalami peningkatan 128 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu.


Kemungkinan ini bisa saja terjadi jika melihat antusiasme konsumen yang mengajukan home test drive jajaran mobil Suzuki via website, yang justru menunjukkan peningkatan signifikan di masa pandemi COVID-19 ini.


Data internal Suzuki mencatatkan, total angka pengajuan home test drive melalu website mencapai 955 orang, sejak Januari - Agustus 2020. Menariknya, angka ini lebih tinggi 128% dari periode yang sama tahun sebelumnya.


Kenaikan angka pengajuan test drive pun mulai terlihat sejak Juni lalu. Jika rata-rata di 5 bulan pertama tahun 2020 berkisar 50 orang. Tiga bulan terakhir, angka pengajuan mencapai 236 orang!


Mengapa demikian? Suzuki mengklaim, konsumen beranggapan selain lebih mudah, pengajuan home test drive lewat website juga tidak makan waktu banyak. Alasan inilah yang besar kemungkinan menjadikan home test drive sebagai kebiasaan baru.


Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meyampaikan, pada dasarnya layanan test drive melalui website diberikan untuk mempermudah konsumen yang ingin melakukan pembelian, namun mengurangi interaksi langsung di dealer.


“Demi kesehatan dan keselamatan konsumen dan karyawan, sehingga kami optimalkan layanan yang sesuai protokol kesehatan tersebut. Dan faktanya, trend pemintaan test drive melalui website ini terus meningkat,” tukasnya.


Tentunya PT SIS tetap menerapkan sejumlah aturan. Khusus pengajuan home test drive, Suzuki pastikan setiap mobil yang diantar sudah dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan.


Petugas pengantar dan menemani sesi test drive pun menggunakan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman. Terkait persyaratan pembelian, konsumen pun menurut Donny tak perlu khawatir, karena dapat dilakukan secara daring.


Sebagai informasi, Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat menjadi daerah yang mendominasi angka pengajuan home test drive melalui website.

Suzuki XL7 menjadi yang paling diminati untuk home test drive.


Untuk produk, dari seluruh model, XL7 menjadi yang paling banyak diminta untuk home test drive, maupun test drive di dealer, yaitu sebesar 58,6%. Disusul All New Ertiga sebanyak 14,5%.

Suzuki Ertiga menempati posisi kedua setelah XL7 yang diminati konsumen untuk dilakukan home test drive.


Meski jumlahnya semakin bertambah, pihak Suzuki tetap menawarkan, bagi konsumen yang ingin test drive dengan mudah dan cepat bisa langsung kunjungi www.suzuki.co.id.


PT SIS juga mengoptimalkan layanan melalui daring untuk home service, pick up service, dan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance) via Halo Suzuki di 0800-1100-800.


Teks: Setiawan AS

Foto: Setiawan AS/SIS