top of page
  • Gambar penulisEditor

BMW Group Indonesia Umumkan Jajaran Manajemen Baru untuk Tingkatkan Inovasi

Sekaligus langkah strategis untuk pertahankan kepemimpinan pasar.

Bayu Riyanto kini menduduki posisi sebagai Directorof Marketing BMW Group Indonesia.


OTOPLUS-ONLINE I BMW Group Indonesia mengumumkan beberapa perubahan pada para eksekutifnya sebagai bagian dari penataan strategis yang bertujuan untuk mendorong perusahaan memasuki fase berikutnya dalam hal inovasi, pertumbuhan, serta dominasi pasar.


Efektif per 1 Oktober 2023, Bayu Riyanto (45), menduduki jabatan sebagai Director of Marketing BMW Group Indonesia dari sebelumnya Vice President Sales and Network Development. Lalu Ariefin Makaminan (45), yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President Customer Support, akan menggantikan Bayu sebagai Director of Sales BMW Group Indonesia.


Sementara itu, Fernando Ferrer, Customer Support Director BMW Asia, akan mengambil alih tanggung jawab Ariefin sebagai Vice President Customer Support di BMW Group Indonesia untuk sementara hingga ditunjuknya pengganti permanen.


Perubahan ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam memanfaatkan beragam talenta dan pengalaman, sehingga memastikan BMW Group Indonesia tetap menjadi yang terdepan dan unggul dalam desain otomotif, teknologi, dan pengalaman pelanggan.


“Bayu telah bergabung dengan BMW Group Indonesia sejak tahun 2016. Dalam perannya sebagai pemimpin di departemen penjualan, beliau berperan penting dalam perputaran hasil penjualan BMW Indonesia yang luar biasa, hasilkan rekor ritel sebanyak 3.023 unit pada tahun 2022. Bayu juga berperan penting dalam proses terpilihnya BMW iX dan BMW i7 untuk acara kenegaraan tingkat internasonal, KTT ASEAN baru-baru ini. Berkat pengalamannya dalam bidang pemasaran, jaringan yang kuat, kehadiran media sosial yang menonjol, dan pengetahuan mendalam tentang kendaraan BMW, Bayu adalah orang yang ideal untuk memimpin Departemen Marketing,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Arifien Makaminan, kini menjabat sebagai Director of Sales BMW Group Indonesia.


Ariefin bergabung dengan BMW Indonesia pada tahun 2013, dimulai sebagai Product Trainer dan Head of BMW Group Indonesia Training Center sebelum mengemban tugasnya saat ini sebagai pemimpin di departemen Customer Support.


Sebelumnya, pada tahun 2002, Ariefin juga pernah memiliki pengalaman sebagai BMW Business Consultant.


“Sejak pindah ke peran Customer Support, Ariefin telah hasilkan peningkatan pendapatan Purna Jual dari 17 juta EUR menjadi 29,1 juta EUR sambil mempelopori inisiatif baru seperti pembukaan fasilitas resmi Body and Paint BMW. Latar belakang dan pengetahuan mendalam Ariefin tentang aspek penjualan mempersiapkan dirinya untuk tantangan barunya sebagai Sales Director," tambah Ramesh.


Berdasarkan data Gaikindo Agustus 2023, BMW Group Indonesia merupakan pemimpin di segmen kendaraan premium Indonesia.


Perusahaan ini juga memimpin di segmen kendaraan listrik premium dengan menguasai lebih dari 55% pangsa pasar di Indonesia.


“Untuk mempertahankan posisi nomor satu dan memastikan kesuksesan perusahaan di masa depan, kami mengandalkan pemimpin yang memiliki visi dan jiwa kewirausahaan. Pemimpin seperti itu akan memacu brand BMW dan MINI di Indonesia untuk terus meraih prestasi luar biasa,” tutup Ramesh.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: BMW Indonesia

Comments


bottom of page