top of page
  • Gambar penulisEditor

BMW Group, Pirelli dan Birdlife International Dukung Produksi Jangka Panjang Karet Alam

Bermitra untuk produksi jangka panjang karet alam yang berkelanjutan dan bebas dari deforestasi di Indonesia.

BMW Group, Pirelli dan Birdlife sepakat berkomitmen untuk Untuk mendukung produksi jangka panjang karet alam yang berkelanjutan dan bebas deforestasi di Indonesia


OTOPLUS-ONLINE I Di beberapa wilayah Indonesia, budidaya karet alam merupakan salah satu sumber pendapatan tradisional bagi penduduk setempat.


Untuk mendukung produksi jangka panjang karet alam yang berkelanjutan dan bebas dari deforestasi di Indonesia, BMW Group, Pirelli dan Birdlife International bermitra.


Ketiganya sepakat untuk bermitra dalam proyek tiga tahunan yang tujuannya untuk memberi manfaat bagi masyarakat lokal, konservasi ekosistem alam dan perlindungan spesies hewan yang terancam punah di hutan Indonesia.



“Sebagai produsen premium, tujuan kami adalah menjadi pemimpin dalam topik Sustainability dan secara aktif bertanggung jawab dalam rantai pasokan kami,” ungkap Dr Andreas Wendt, BMW AG Board Member for Purchasing and Supplier Network.


"Dalam memerangi perubahan iklim, kami meluncurkan langkah-langkah yang ditargetkan untuk mendukung keanekaragaman hayati dan konservasi hutan hujan tropis."


"Proyek kami di Indonesia akan membantu masyarakat dan ekonomi lokal untuk bekerja lebih selaras dengan alam. Pada saat yang sama, kegiatan ini juga akan mendukung masyarakat lokal dengan peningkatan metode budidaya tradisional mereka untuk karet alam dengan lebih profesional," kata Dr Andreas Wendt.



Di Indonesia, proyek ini dilaksanakan oleh sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang dikoordinir oleh konsorsium lokal PT Restorasi Ekosistem Indonesia (PT REKI).


Proyek ini terletak di bagian dari hutan hujan Hutan Harapan (pulau Sumatera), yang merupakan rumah bagi sekitar 1.350 spesies hewan yang berbeda.

Meningkatkan kualitas hidup masyarakat adat dengan melindungi hak-hak petani atas tanah dan mempromosikan hak-hak perempuan


Proyek ini akan berupa serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat adat dengan melindungi hak-hak petani atas tanah dan mempromosikan hak-hak perempuan, melestarikan kawasan bebas deforestasi seluas 2.700 hektar dan melindungi beberapa spesies yang terancam punah.


Berbagai kegiatan akan dilaksanakan sejalan dengan tujuan Global Platform of Sustainable Natural Rubber (GPSNR), platform multi-stakeholder untuk pengembangan bisnis karet alam secara berkelanjutan, di mana BMW Group, Pirelli dan Birdlife International adalah founding members.



“Bersama BMW Group, untuk mendukung tujuan Birdlife, kami bermaksud untuk menjadi bagian aktif dari proyek yang bertujuan untuk memberikan dampak berkelanjutan yang komprehensif pada karet alam, dengan keyakinan bahwa komunitas, keanekaragaman hayati, dan bisnis harus tumbuh dengan saling mendukung, dan menciptakan nilai sosial-lingkungan bersama,” kata Giovanni Tronchetti Provera, Pirelli’s Senior Vice President for Sustainability and Future Mobility.


Kemitraan antara BMW Group dan Pirelli dalam mendukung Hutan Harapan Indonesia merupakan bagian dari jalan bersama menuju karet alam yang berkelanjutan.

Pirelli P Zero FSC, ban pertama di dunia yang tersertifikasi FSC, dan digunakan pada BMW X5 Plug-in Hybrid


Dalam konteks ini, Pirelli mengembangkan dan memproduksi ban pertama di dunia, Pirelli P ZERO, yang telah disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC), dan digunakan pada the new BMW X5 Plug-in-Hybrid, menjadi mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan ban bersertifikasi ini.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: BMWGroup, Pirelli

bottom of page