• Editor

Porsche dan Michelin Dukung Petani Perkebunan Karet Indonesia

1.000 petani kecil dilatih oleh mitra lokal untuk membuat metode ekstraksi lebih ramah lingkungan dan efisien.

Indonesia merupakan salah satu daerah penghasil karet terpenting di dunia


OTOPLUS-ONLINE I Sebagai produsen otomotif, Porsche berkontribusi terhadap konsumsi karet global melalui penggunaan karet pada ban serta berbagai suku cadang kendaraan. Indonesia merupakan salah satu daerah penghasil karet terpenting di dunia. Daerah ekstraksi karet di provinsi Jambi sangat tradisional.

Barbara Frenkel, Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG


“Kami bertanggung jawab atas dampak terhadap daerah ekstraksi karet di Indonesia. Kami ingin meningkatkan kehidupan masyarakat melalui proyek-proyek yang dilakukan di wilayah tersebut. Petani kecil merupakan jantung dari rantai pasokan karet alam yang berkelanjutan. Itu sebabnya kami mendukung mereka untuk mencapai standar hidup yang layak sambil mengikuti praktik lingkungan dan sosial yang baik,” kata Barbara Frenkel, Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG.

Porsche dan Michelin mengidentifikasi risiko terhadap keberlanjutan rantai pasokan dalam ekstraksi karet menggunakan aplikasi yang dikembangkan khusus


Bersama Michelin, Porsche mengidentifikasi risiko terhadap keberlanjutan rantai pasokan dalam ekstraksi karet menggunakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk tujuan ini dan dengan melakukan diskusi dengan pelaku pasar di wilayah tersebut. Karet digunakan dalam banyak produk industri sebagai bahan baku.


Oleh karena itu, Porsche dan Michelin berkomitmen pada ekstraksi keberlanjutan karet alam. Komitmen produsen mobil sport dan produsen ban terhadap transparansi dan kondisi kerja yang lebih baik dalam ekstraksi bahan baku ditunjukkan oleh proyek “CASCADE” (Tindakan Berkomitmen untuk Pengembangan Kapasitas Petani Kecil).


Baca juga: Driving Impression Porsche Macan (1): Compact SUV Keren Sekaligus Garang!


Mitra jangka panjang Porsche dan Michelin ingin mendukung petani perkebunan kecil di Sumatera di Indonesia dalam mengekstraksi karet.

Petani dilatih oleh mitra lokal untuk membuat metode ekstraksi lebih ramah lingkungan dan efisien


Pendidikan dan pelatihan tentang praktik budidaya, keanekaragaman hayati dan keselamatan kerja semuanya bertujuan untuk mencapai perbaikan jangka panjang dalam kondisi kehidupan dan situasi ekonomi petani kecil dan keluarga mereka secara jangka panjang.


CASCADE adalah salah satu proyek dukungan pertama di dunia yang dimulai pada tingkat terendah dari rantai pasokan karet alam.


Baca juga: Porsche Siapkan Bahan Bakar Sintetis Ramah Lingkungan Dari Bahan Dasar Air

Skema ini akan melihat 1.000 petani kecil dilatih oleh mitra lokal untuk membuat metode ekstraksi lebih ramah lingkungan dan efisien. Hal ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perbaikan kondisi kehidupan petani.


“CASCADE adalah contoh komitmen Michelin terhadap rantai pasokan karet alam berkelanjutan yang melindungi lingkungan dan meningkatkan mata pencaharian. Kami senang bisa bekerja sama dengan Porsche dalam proyek ambisius ini. Selama hampir 20 tahun, kami menikmati kemitraan yang erat dalam bisnis ban, yang kini juga kami kembangkan ke bidang keberlanjutan,” kata Hélène Paul, Senior Vice President, Chief Procurement Officer di Michelin.


Baca juga: Porsche Cayenne Ini SUV Sultan! Harganya Ditentukan Fitur Yang Dipilih!


Bagi Porsche, tanggung jawab dimulai dari gerbang pabrik. “Kami mengambil pendekatan holistik untuk keberlanjutan. Rantai pasokan kami dan ekstraksi bahan baku merupakan faktor penting di sini,” ujar Barbara Frenkel.


Porsche dan Michelin menginvestasikan sekitar satu juta euro dalam proyek tersebut, yang awalnya akan berjalan hingga 2024.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Porsche AG