• Editor

BMW Motorrad CE 04 Electric Scooter Mulai Dipasarkan Awal 2022

Harga mulai $11,795 atau sekitar Rp172 juta.

OTOPLUS-ONLINE I BMW Motorrad akhirnya merilis skuter elektrik futuristik, CE 04 yang merupakan versi produksi massal dari Concept Link electric scooter yang diperkenalkan ke publik pertama kali pada 2017 lalu.


Menurut rencana, CE 04 akan mulai dipasarkan awal tahun 2022 mendatang dengan harga mulai $11,795 (sekitar Rp172 juta). Sambil menunggu kabar selanjutnya, kita bedah dulu, apa yang menjadi keistimewaan dari skuter listrik BMW Motorrad ini.

BMW CE 04 dibangun dari rangka baja tubular yang utuh (one-piece), dengan desain bodi minimalis berupa garis lurus sederhana tapi tegas membentuk estetika science-fiction yang futuristik.


Desain ini terpusat pada unit penyimpanan baterai yang terletak di bawah floordeck atau lantai pijakan kaki, dan sistem penggerak (drivetrain).

Itulah kenapa desain keseluruhan BMW CE 04 ini tampak ramping dan memanjang ke belakang. Kalau diukur, jarak antara sumbu roda depan dan belakang pun sangat panjang untuk ukuran skuter, mencapai 1.675 mm. Coba bandingkan dengan wheelbase Yamaha TMAX 500 yang hanya sepanjang 1.580 mm.


Dengan jarak wheelbase yang sangat panjang serta center of gravity yang rendah, BMW CE 04 menawarkan kestabilan tinggi yang diperlukan ketika meraih angka top speed, serta handling yang lincah dan menyenangkan.


Desain ini juga menawarkan aspek fungsional. Di bawah jok model floating atau mengambang, terdapat bagasi yang mampu menampung helm half face. Ruang penyimpanan lain yang tersedia adalah box berventilasi yang bisa men-charge smartphone dengan menggunakan USB-C.


Motor elektrik dengan sistem pendingin cairan terletak antara dua Li-ion battery pack dan roda belakang. Baterai 60.6-Ah berpendingin cairan ini mampu menempuh jarak 130 km dalam setiap pengecasan menurut The World Motorcycle Test Cycle (WMTC).


Pengendara tinggal menghubungkan kabel cas yang telah disediakan dengan cara menurunkan pintu kompartemen yang terletak di bawah setang kemudi.

Pengecasan hingga penuh dengan menggunakan soket domestik membutuhkan waktu sekitar 4 jam 20 menit. Untuk menyingkat waktu, tersedia pula quick charger opsional 6.9-kW hingga hanya butuh waktu 1 jam 40 menit.


Namun demikian butuh 3 kabel untuk ini, juga untuk menghubungkan dengan charging station umum. Dari kondisi baterai 20 persen hingga 80 persen hanya butuh waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan quick charger. Semua proses pengisian baterai ini bisa dipantau lewat layar TFT berukuran 10.25 inci.

Motor elektrik ini menghasilkan power output sebesar 15 kW atau setara 20 hp, dan masih bisa dimaksimalkan lagi hingga 31 kW atau 42 hp. Dalam kondisi diam hingga kecepatan 50 km/jam bisa diraih dalam waktu 2,6 detik. Sementara untuk top speed, BMW CE 04 bisa mencapai 120 km/jam.


Baca juga: BMW Motorrad Hadirkan Skuter Elektrik Pada 7 Juli 2021


Teks: Indramawan

Foto: BMW Motorcycles