• Editor

Cari Setang Fatbar? Pahami Bedanya dengan Twinwall

"Keduanya diproduksi Renthal, namun Twinwall merupakan penyempurnaan dari Fatbar..." (Jannal Sung - DQ Motor Trail Shop)

OTOPLUS-ONLINE I Fatbar dan Twinwall adalah varian setang yang diproduksi oleh Renthal, brand terkemuka asal Inggris yang berdiri sejak 1969.

  • Renthal Fatbar sudah sangat populer pemakaiannya di seluruh dunia, untuk berbagai kegiatan motorsports, maupun automotive, termasuk extreme sports (mountain bike)

Di Indonesia, Fatbar sudah sangat populer tidak hanya di kalangan penggemar motocross, road race, maupun extreme sports (BMX, mountain bike), tapi juga motor-motor custom.

  • Baik Fatbar (atas) maupun Twinwall sama-sama produk Renthal

Selain Fatbar, Renthal juga memasarkan Twinwall yang saat ini mulai populer di Tanah Air. Secara sepintas perbedaan antara Fatbar dan Twinwall ada pada stabilizer yang terpasang di bagian tengah. Padahal bukan di situ perbedaan utamanya!

  • Jannal Sung dari DQ Motor Trail Shop Surabaya

Untuk mencari tahu perbedaan antara Renthal Fatbar dan Twinwall ini, OTOPLUS-ONLINE bertanya pada Jannal Sung, penggemar motocross dan trail adventure sekaligus pemilik, DQ Motor Trail Shop yang ada di kawasan Jl. Ketintang Baru Selatan, Surabaya.


"Fatbar itu nama produk setang dari Renthal. Karena keluar duluan ke pasaran, maka sekarang ini semua setang yang bagian tengahnya punya diameter lebih besar ketimbang bagian ujungnya (end-bar) disebut Fatbar," buka Jannal mengawali penjelasannya.


Agar lebih paham, Jannal pun membeberkan perbedaan antara Renthal Fatbar dan Twinwall ini. "Sebenarnya kalau membandingkan Fatbar dengan Twinwall ini kurang cocok, sebab Fatbar dan Twinwall sama-sama keluaran Renthal untuk segmen pasar berbeda," tutur Jannal. "Tapi enggak apa-apa saya coba jawab."

  • Renthal Fatbar

Dilanjutkannya, Fatbar tidak memiliki palang di atas, dan juga hanya memiliki satu pipa. "Fatbar bagian tengahnya dibuat lebih gemuk (fat) sehingga lebih kokoh walaupun tanpa palang. Sedangkan Twinwall yang merupakan penyempurnaan dari Fatbar mempunyai dua pipa (twin = kembar, wall = dinding atau lapisan) dengan ukuran normal, terus dibalut pipa dengan ukuran Fatbar sehingga lebih kuat. Selain itu ditambahkan palang di atas berupa stabilizer getaran, sehingga lebih kuat dan stabil lagi," tunjuk Jannal.

  • Renthal Twinwall

Kekurangan dan kelebihan setang ini menurut Jannal ada pada harga. "Kalau Fatbar lebih ekonomis tapi kekuatan dan kestabilannya di bawah Twinwall. Dengan kata lain Twinwall lebih mahal tapi lebih kuat dan stabil," tutur Jannal sambil menambahkan, Fatbar lebih laku karena lebig cocok di kantong, tapi Twinwall punya pasar sendiri terutama di kalangan penggemar motor-motor built-up.


Sebagai gambaran harga, Jannal Sung menginfokan, Renthal Fatbar dijual mulai Rp 1,2 juta, dan untuk Twinwall mulai Rp 1,9 juta. Info lebih lanjut klik: www.renthal.com.


DQ Motor Trail Shop

Ruko Lotus Regency Blok D2, Jl. Ketintang Baru Selatan 1/62

Telpon: 031-8299075

Cek Stock / Order: 08123251768 / 081249964131

WA 081380844010

IG: dqmotortrailshop


Teks: Indramawan

Foto: Renthal

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.