top of page
  • Gambar penulisEditor

Cartens Audio: Modifikasi Sistem Audio untuk Mobil Listrik Aman Dilakukan

Cartens Audio Jakarta perkenalkan "Sound Redefined", sistem audio yang dikembangkan khusus untuk mobil listrik dan mobil hybrid.

OTOPLUS-ONLINE I Proses modifikasi atau upgrade sistem audio di mobil listrik memang penuh tantangan dan tidak semudah seperti pada mobil konvensional.


Banyak kekhawatiran dari para pemilik, kalau modifikasi atau upgrade sistem audio di mobil listrik ini akan mempengaruhi sistem kelistrikan di mobil.


Apalagi jika harus mengganti sistem audionya dengan menggunakan produk audio aftermarket, akan mengurangi kemampuan baterai sehingga range atau jarak tempuh mobil juga berkurang. Apakah hal ini benar?


Coba kita tanyakan pada Eddie Soesanto, seorang installer sekaligus owner dari Cartens Audio Jakarta yang dikenal sebagai penggiat industri modifikasi audio mobil dan peredaman suara, dan sudah berpengalaman selama 21 tahun.

Menariknya lagi, Cartens Audio Jakarta ini baru saja memperkenalkan "Sound Redefined", yakni sistem audio yang dikembangkan khusus untuk mobil listrik dan mobil hybrid, dan sudah diaplikasikan pada beberapa model mobil listrik dan hybrid seperti KIA EV6 GT Line, Hyundai IONIQ 5, dan Toyota Kijang INNOVA ZENIX Hybrid. Mantappp!

"Kami sebagai salah satu bagian dari industri pendukung otomotif tidak mau ketinggalan untuk mempelajari semua hal teknis yang dibutuhkan untuk bisa melakukan modifikasi, terutama di bidang audio sistem dan peredaman suara khusus untuk kendaraan elektrik," buka Eddie Soesanto.


Ditambahkannya, tahun ini ia meluncurkan kembali "Sound Redefined" hasil modifikasi audio mobil untuk KIA EV6 GT Line, yang pertama di Indonesia menggunakan perangkat audio aftermarket yang 'dikawinkan' dengan sistem audio mobil bawaan KIA EV6, yakni Meridian Sound 12.1.

"Dan hasilnya sangat luar biasa, menghasilkan kualitas suara premium serta tentunya sangat aman," jelas Eddie Soesanto.


Eddie Soesanto menjelaskan, urusan memodifikasi atau kustomisasi merek sound bawaan pabrik seperti Meridian, BOSE, Infinity, Harman Kardon maupun Mark Levinson bisa dilakukan dengan sangat aman tanpa harus khawatir mengganggu sistem lainnya di dalam mobil.


Salah satu buktinya, hasil modifikasi audio Cartens Audio Jakarta di Hyundai IONIQ 5 yang diperkenalkan tahun lalu sampai saat ini masih berfungsi dengan baik dan tetap aman tanpa adanya gangguan teknis dari sisi kelistrikan mobil.


Data tersebut juga valid karena sudah dicek langsung oleh teknisi Hyundai.

"Atau jika ada kebutuhan pemilik mobil untuk mengganti perangkat audio mobilnya dengan merek aftermarket yang sudah terkenal seperti Alpine, FOCAL, Audison dan Ground Zero, jangan ragu untuk datang ke Cartens Audio Jakarta. Seluruh perangkat tersebut bisa kami integrasikan langsung di mobil listrik untuk memberikan hasil warna suara yang lebih personal, berkelas dan memenuhi kebutuhan para pemilik mobil untuk menikmati musik favoritnya pada saat berkendara," sebutnya.


Sebagai tambahan informasi, Cartens Audio yang beralamat di Niaga Duta Mas Fatmawati Rukan Blok D2 No.22-23 Fatmawati Jakarta Selatan ini dapat menerapkan sistem integrasi seamless OEM looks dengan teknologi 3D printing.


Workshop ini juga merupakan audio workshop pertama yang menyediakan fasilitas charging station 7.7kwh yang akan memberikan kenyamanan kepada pemilik mobil listrik melakukan modifikasi audio tanpa khawatir kehabisan daya baterai mobil.


Di akhir penjelasannya, Eddie Soesanto memberikan saran bagi para pemilik mobil listrik yang bermaksud untuk melakukan upgrade audio.


"Dari hasil pengecekan kami, beberapa mobil EV masih menggunakan baterai low voltage untuk mendukung pemakaian aksesoris seperti DC Lighter, Starter Switch dan beberapa aksesoris lainnya seperti display dan head unit," kata Eddie.

"Untuk keamanan instalasi tambahan di sistem audio mobil, kami sarankan untuk menggunakan power supply tambahan yang dilengkapi super capacitor, aksesoris baterai lithium, dan hal yang paling wajib adalah menggunakan fuse (sekering) master dan eksternal untuk semua kabel audio tambahan saat pemasangan," pungkasnya.


Baca juga:


Cartens Audio

Niaga Duta Mas Fatmawati Rukan Blok D2 No.22-23 Fatmawati

Jakarta Selatan


Teks: Indramawan

Foto: Cartens Audio


Commentaires


bottom of page