top of page
  • Gambar penulisEditor

Kolaborasi Peugeot dan Focal Hadirkan Sistem Audio HiFi di Peugeot 308

Menghasilkan keluaran audio dengan suara jernih dan detail, serta suara bass terdengar seperti dalam pesawat terbang sungguhan.

OTOPLUS-ONLINE I Selama lebih dari 40 tahun, Focal telah memantapkan dirinya sebagai merek referensi dalam pembuatan speaker, speaker high-fidelity untuk rumah, monitor untuk studio rekaman, headphone dan perlengkapan audio untuk mobil dan kapal. Pengelaman itu menjadikan Focal memiliki pengetahuan unik di penelitian dan pengembangan audio mutakhir. Itulah salah satu alasan yang melandasi Peugeot menjalin kerjasama dengan Focal.

Sistem Hi Fi Audio di Peugeot 308.


Kolaborasi antara Peugeot dan Focal sejatinya telah dimulai pada tahun 2014, dan pertama kali diluncurkan dengan mobil konsep: foodtruck Bistrot du Lion, Fractal, Instinct, e-Legend. Kemudian diperluas ke kendaraan produksi dalam jajaran Peugeot: 2008, 3008, 5008, 508 dan 508 SW.

Sistem Hi Fi Audio di Peugeot 308 SW.


Kolaborasi terbaru keduanya diwujudkan pada sistem Focal® Premium Hi-Fi New Peugeot 308. Sistem audio yang dikembangkan bersama selama lebih dari empat tahun terintegrasi sempurna ke dalam Peugeot i-cockpit® 308 baru. Sistem ini menawarkan pengalaman suara yang diciptakan khusus dengan menggabungkan kenikmatan audio sangat jernih sehingga dapat membuat kenyamanan dalam berkendara menggunakan Peugeot.


Tim Peugeot dan Focal bekerja sama untuk menentukan lokasi khusus setiap speaker. Tim melakukan studi silang terhadap bagian-bagian strategis (definisi pintu, kisi-kisi, hiasan, kaca, dll.) untuk menjamin tampilan terbaik di dalam kompartemen penumpang. Sistem diatur sedemikian rupa, sampai ke struktur bagasi yang mengintegrasikan subwoofer.

Tweeter inverted dome TNF.


Sistem Focal® Premium Hi-Fi pada Peugeot 308 baru terdiri dari 10 speaker dengan teknologi eksklusif yang dipatenkan terdiri dari 4 tweeter inverted dome TNF, 4 woofer/midrange dengan membran Polyglass dan suspensi TMD (Tuned Mass Damper) 16,5 cm, 1 subwoofer triple voice coil Power Flower™ juga 1 center channel polyglass 8 cm.

Center channel polyglass 8 cm.


Membran Polyglass terdiri dari penerapan microbeads kaca halus ke kerucut pulp selulosa. Proses ini memungkinkan untuk menyelaraskan redaman kertas yang sangat baik dengan kekakuan kaca. Indeks kekakuannya hampir 10 kali lebih tinggi dibandingkan polipropilena, dan bahkan melebihi indeks kekakuan Kevlar® kulit tunggal. Komponen-komponen tersebut terhubung ke amplifier 12-way 690 Watt (teknologi kelas D yang ditingkatkan) yang didukung oleh Digital Sound Processor Arkamys.


Penyesuaian rasio massa - kekakuan - redaman menghasilkan linearitas yang luar biasa pada kurva respons frekuensi, langsung dari desain diafragma menghasilkan keluaran audio yang terdengar stabil dan presisi dengan suara jernih dan detail. Selain itu, suara bass terdengar dalam dan mencolok seperti keadaan di dalam pesawat terbang sungguhan.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Peugeot

Comments


bottom of page