• Editor

CBR Track Day 2021: Tommy Salim Ungkap Rahasia Taklukkan Sirkuit GBT Pada Komunitas

Tommy Salim, pembalap road race kebanggaan Surabaya yang telah go international, dan merebut juara pertama Asia Cup of Road Racing Championship 2011 di Cina, dan juga menduduki posisi ke-4 Suzuka 4-hour Endurance 2018.

OTOPLUS-ONLINE I Setelah sempat vakum karena pandemi, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT kembali menggelar CBR Track Day di di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Minggu, 7 November 2021 kemarin.


Sebagai informasi, CBR Track Day ini digelar untuk memberi pemahaman kepada pengendara Honda CBR, terutama yang tergabung dalam komunitas, bagaimana cara berkendara di track balap yang sesungguhnya dengan cara yang aman dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Tentu ini sangat menarik, karena dengan cara ini, pengendara Honda CBR bisa merasakan kemampuan motor yang sebenarnya.

Coaching clinic kepada peserta CBR Track Day diberikan oleh Fendrik Alam dan Tommy Salim


Apalagi sebelumnya dilakukan dulu coaching clinic yang diberikan oleh Fendrik Alam. Dia mantan pembalap road race yang sekarang menjadi instruktur safety riding MPM Honda Jatim.


Juga Tommy Salim, pembalap road race kebanggaan Surabaya yang telah go international dan merebut juara pertama Asia Cup of Road Racing Championship 2011 di Cina, dan juga menduduki posisi ke-4 Suzuka 4-hour Endurance 2018. Pembalap yang kini berkompetisi di kejuaraan supermoto ini juga memberikan tips-tips bagaimana menaklukkan sirkuit GBT Surabaya ini kepada peserta.


Baca juga: Pembalap Ajari Komunitas Balapan di CBR250RR Track Day Surabaya


Salah satunya menunjukkan racing line atau jalur balap paling tepat, baik saat berada di trek lurus, maupun tikungan. Termasuk anjuran posisi gigi 3 di tikungan, juga hal-hal yang harus dihindari terkait safety, misalnya menarik rem di tikungan dan sebagainya.

Para peserta CBR Track Day 2021 berfoto bersama


Meskipun digelar dalam protokol kesehatan yang ketat, namun peserta sejumlah 35 anggota komunitas yang tergabung dalam AHC Pengda Jatim, PHCI Pengda Jatim, CCI Korwil Jatim, dan HCOI Surabaya ini mengikuti gelaran dengan penuh semangat.


Menariknya, kegiatan ini juga diikuti komunitas motor dari merek lain. Termasuk juga beberapa pembalap yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berlatih kembali setelah sekian lama vakum dari kejuaraan, karena pandemi Covid-19.

M. Nabil Zahsena, pembalap 11 tahun keponakan mendiang Denny Triyugo


Salah satunya adalah M. Nabil Zahsena, pembalap usia 11 tahun yang adalah keponakan dari mendiang Denny Triyugo, pembalap Honda asal Probolinggo, Jawa Timur.


"Nabila baru tahun ini mulai mengenal balap, mengikuti jejak kakaknya, Rasya yang lebih dulu balapan," kata Imron, bapaknya.


Baca juga: MPM Bersama COINS Ajak Pemilik & Komunitas CBR Series Balap Aman Di Trackday


Lebih lanjut Imron menjelaskan, begitu mendengar ada CBR Track Day, dia langsung memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengalaman putranya di trek balap. Karena masih kecil dan menyesuaikan postur tubuhnya, pada kesempatan ini Nabila mengendarai Honda Sonic.

Sebelumnya peserta diajak dulu mengenali lintasan sirkuit Gelora Bung Tomo


Sementara itu, Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim turut berkomentar mengenai antusiasme tinggi pecinta CBR yang mempunyai hobi balap di Jatim ini.

Baru setelah itu peserta dilepas untuk merasakan sendiri sensasi berkendara CBR


"Untuk dapat merasakan langsung sensasi berkendara ini kami fasilitasi dan akomodir dengan menggelar kembali CBR Track Day 2021 yang sempat tertunda selama pandemi,” kata Suhari.


"Harapannya gelaran ini juga menjadi wadah silaturahmi antar komunitas Honda dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan."


Teks: Indramawan

Foto: MPM Honda Jatim, Indramawan