• Editor

Chopper X Tracker

Yamaha Scorpio 2015 (Jowo Kustom):

Akhirnya Antonius bosan juga dengan tampilan standar Yamaha Scorpio besutan turingnya. Dia pun mulai cari-cari inspirasi di internet. Dan ternyata gaya chopper yang diliriknya. Tapi harus tetap nyaman diajak turing jauh.


Pemikiran ini pun dijadikan bahan diskusi dengan Johanes Marse, builder Jowo Kustom. “Riding position tegak ala chopper dengan posisi tangan ke atas, tapi tetap dibekali sistem suspensi yang empuk dan nyaman,” buka Anes menirukan keinginan customernya itu.

Mendengar hal ini, bukannya Anes kepikiran tongkrongan Harley-Davidson Softail. “Justru saya ingin mengangkat konsep kawin silang, chopper-tracker!”


Rangka

Mengawali gagasan ini, rangka utama masih dipertahankan. Ubahan hanya di bagian sub-frame yang dibuat ulang dari pipa seamless 3/4 inci, seperti umumnya motor bergaya tracker.


“Posisi belakang sengaja dibuat menurun, lalu naik lagi sedikit di bagian buritan, tanpa ada lengkungan behel yang menyambung,” ujar Anes sambil menunjuk garis desain rangka chopper-tracker racikannya. Soal behel yang sengaja dibuat putus ini ternyata karena Anes ingin menggunakannya sebagai tempat menanam lampu belakang.

Kaki-Kaki

Untuk peredam kejut bagian depan, Anes langsung sreg pakai punya Kawasaki KLX 150 yang menurutnya tak diragukan lagi kenyamanannya. “Hanya perlu dibuatkan as segitiga baru dengan cara dibubut,” katanya.

Sementara suspensi bagian belakang, Anes comot punya Yamaha RX-King, karena dirasa ukuran, model dan daya redamnya cukup baik.


“Untuk ban dan pelek, kami pakai kombinasi diameter beda. Depan ring 19 inci, sementara belakang 18 inci. Tujuannya menyesuaikan postur pemilik,” tutur Anes.


Bodi

Untuk urusan bodi, Anes memfokuskan pada tangki yang dibuat dari bahan plat 1,2mm dengan gaya trail tua.

“Supaya aura trackernya kuat,” kata Anes yang menambahkan indikator bensin yang bisa dibongkar-pasang pada bagian kiri tangki.


“Indikator ini memakai sistem kerja sederhana, berupa pelampung vertikal. Saya terinspirasi pelampung bahan bakar generator atau perkapalan,” tutup Anes.


Data Modifikasi

Ban depan: Shinko SR241 350-19 Ban belakang: Shinko SR241 400-18 Pelek depan: 250-19 Pelek belakang: 300-18

Bodi: custom Setang: custom Lengan ayun: custom Lampu depan: triangle Fork depan: Kawasaki KLX 150 Sokbreker belakang: Yamaha RX-King Tangki: custom Bengkel: Jowo Kustom, Jl. Lontar 29, RT01 RW01, Surabaya

088217394210

Naskah & Foto: Indramawan