top of page
  • Gambar penulisEditor

Cititrans Buka Pool Yogyakarta Untuk Antisipasi Pertumbuhan Pesat


Prosesi flag off rute dan armada baru, Yogyakarta - Semarang

Setelah sukses dengan pembukaan Pool di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Cititrans kembali merambah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan membuka pool baru (12/12) sekaligus memperkenalkan rute baru Yogyakarta - Semarang.


Pool Yogyakarta merupakan pool ke-tujuh belas setelah ekspansi Cititrans di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan dibukanya rute Yogyakarta – Semarang yang menjadi kota penutup dari ekspansi Cititrans di pulau Jawa di tahun 2019.


Pool yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No. 131, akan berfungsi sebagai Hub (Pool Pusat) yang akan menghubungkan bisnis di kota-kota di sekitar DI Yogyakarta seiring dengan pembukaan rute baru Yogyakarta – Semarang.

Andrew Arristianto (CEO Cititrans) & Hendra Gunawan (Direktur Operational Cititrans)

Andrew Arristianto, CEO Cititrans mengatakan, “Yogyakarta yang merupakan Kota Pusat Budaya dan Pelajar Indonesia adalah kota terbesar keenam di pulau Jawa dimana Pariwisata adalah komoditi ekonomi yang sangat terasa di kota ini. Maka dari itu, Yogyakarta merupakan pasar yang sangat potensial bagi Cititrans, dan kami mengharapkan pertumbuhan kami di kota ini akan selalu positif. Melihat pertumbuhan ekonomi kota Yogyakarta yang sangat pesat dari tahun 2018 seperti pembangunan underpass di jalan lingkar utara Kentungan Sleman dan proyek pembangunan jalan underpass jalur lintas selatan di sekitar bandara baru Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, hal ini sejalan dengan misi perusahaan kami, yaitu menjadi moda transportasi andalan yang menghubungkan satu kota ke kota lain dengan menawarkan pengalaman bepergian yang nyaman dan aman.”

Armada Cititrans Yogyakarta - Semarang

Pada fase awal pengembangan rute Yogyakarta-Semarang, Cititrans akan mengoperasikan 10 armada yang akan melayani 2 jalur keberangkatan menuju semarang yakni rute direct Yogyakarta-Semarang via Tol dan rute Yogyakarta-Semarang via Magelang dengan keberangkatan setiap jam. Pemesanan tiket sudah dibuka dari tanggal 2 Desember melalui call center, website dan aplikasi Cititrans untuk keberangkatan mulai dari 12 Desember 2019.

Kenyamanan dan keamanan jadi fokus pelayanan

Cititrans memberikan promo khusus akhir tahun yang dapat dinikmati pelanggan. Harga tiket untuk rute Yogyakarta-Semarang (direct Tol) adalah Rp 110.000 untuk pembelian langsung di counter Cititrans dan harga khusus diberikan untuk pelanggan yang melakukan pembelian melalui Website dan Mobile Apps Cititrans sebesar Rp 95.000. Sedangkan harga tiket rute Yogyakarta-Semarang (via Magelang) adalah Rp 100.000 untu pembelian langsung di counter Cititrans, dan khusus untuk pembelian melalui Website dan Mobile Apps Cititrans sebsar Rp 85.000.


Cititrans Executive Shuttle

Jajaran Direksi Cititrans, perwakilan Blue Bird Group dan Kepolisian

Cititrans adalah Executive Shuttle yang berasaskan pengembangan. Pengembangan merupakan salah satu landasan dalam menghadirkan layanan transportasi. Dibutuhkan waktu dan pemikiran dalam menentukan jenis kendaraan yang tepat untuk kami gunakan.


Ada 3 Faktor yang kami perhatikan dalam penentuan unit, keamanan, kenyamanan, dan dampak lingkungan.

Cititrans Executive Shuttle mengandalkan Toyota Hi-Ace 2019 sebagai armadanya. Dari sisi keamanan, unit Cititrans sudah dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System) dan BA (Brake Assist) pada sistem rem-nya, seatbelt pada setiap kursi penumpang sebagai standard keamanan semua armada kami.

Dari sisi kenyamanan, kami mendesain ulang kabin semua armada kami dari segala aspek demi tercapainya suatu pengalaman berkendara yang terbaik. Fokus pertama yang kami kembangkan adalah bagian dari kendaraan yang memiliki interaksi langsung dengan penumpang yaitu kursi. Kami telah merancang sistem personal seat yang mengakomodir kenyamanan dan privasi masing-masing penumpang. Adapun tambahan fitur seperti sandaran yang bisa disesuaikan dan USB port untuk pengisian daya baterai.


Tidak hanya difokuskan pada kursi kami juga memperhatikan desain kabin secara keseluruhan salah satunya adalah memastikan agar tingkat kesejukan kabin dapat terjaga dengan baik. Selain itu kami menempatkan tirai pada seluruh bagian jendela samping kendaraan untuk kenyamanan penumpang selama perjalanan.


Dari sisi dampak lingkungan, unit yang kami gunakan memiliki mesin yang telah memenuhi standar emisi Euro 2 dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.


Naskah: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Cititrans

bottom of page