• Editor

Cover Mesin Variasi Kaisar Ruby 250 Bikin Keren Mirip HD V-Twin!


Cover mesin kanan full aksesori untuk Kaisar Ruby 250 cc menyerupai kepala silinder, push-rods, dan karter kanan Harley (Foto: Jowo Kustom)


OTOPLUS-ONLINE I Ada yang menarik ketika kami berkunjung ke bengkel modifikasi Jowo Kustom di kawasan Lontar, Surabaya Barat.


Saat itu, Yohanes Marse selaku pemilik sekaligus modifikator bengkel yang juga terima servis dan perawatan motor harian itu sedang sibuk mengutak-atik mesin V-Twin yang menempel pada motor custom gaya scrambler.

Dengan cover kepala silinder variasi model Harley, sekilas orang akan mengira ini mesin V-Twin Harley!


Sekilas kami mengira, motor itu adalah Harley custom. Tapi setelah melihat lebih detail lagi baru nyadar kalau rupanya motor itu adalah Kaisar Ruby custom. Tapi kok kepala silindernya persis Harley ya?


“Ini cuma variasi aja. Biar mirip Harley…” senyum Anes. Kami pun mengira Anes lah yang membikin cover kepala silinder itu dari bahan pelat.

Seperti ini cover kepala silinder bawaan Kaisar Ruby 250 yang asli


“Bukan saya yang bikin. Pemilik motor ini sendiri yang beli cover ini di toko online. Katanya sudah banyak kok,” jelas Anes.


Dan ketika kami cari di internet, memang banyak sekali cover mesin aksesori untuk Kaisar Ruby 250 cc ini yang ditawarkan.

Kepala silinder Kaisar Ruby tanpa cover


Kaisar Ruby 250 cc banyak disuka penggemar moge (motor cc gede) karena selain tampilannya mirip seperti Harley-Davidson, juga harganya yang terjangkau di kisaran Rp 2,5 jutaan.

Cover mesin kanan full aksesoris untuk Kaisar Ruby 250 cc di sebuah toko online


Sudah begitu, Kaisar Ruby 250 cc ini cocok banget dijadikan basis motor custom. Mesin 2 silinder model V-Twin yang dilengkapi sirip pendingin udara digendong sasis model motor turing. Makin terlihat padat dengan sistem knalpot twin muffler. Persis Harley!

Kaisar Ruby 250 (Foto: www.kaisarmotorindo.com)


Apalagi ban depan dan belakang lumayan besar, yakni 110/16 (depan) dan 120/16 (belakang). Kemudian tangki model teardrop-nya punya kapasitas 14 liter. Dengan jok dan riding position santai, ditambah aksesori sepetti saddle bag, windshield, dan foglamp classic, makin mirip lah Kaisar Ruby ini dengan Harley.

Salah satu motor custom berbasis Kaisar Ruby 250 garapan Jowo Kustom (Foto: Jowo Kustom)


“Pengalaman saya memodifikasi dan merawat Kaisar Ruby 250 cc milik salah satu konsumen, motor ini jarang trobel. Tenaga dan suaranya dapat. Terus mudah juga dimodif,” tutup Anes. Tertarik?


Baca juga: Scrambler Berbasis Kaisar Ruby 250 Ini Dibuat dengan Teknik Tukang Jahit


Jowo Kustom

Jl. Lontar No. 29 RT 01/RW 01, Surabaya

HP: 088217394210


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan/Dok. OTOPLUS-ONLINE