• Editor

Daihatsu Ayla Turbo Bakal Mass Production?


Konsep Daihatsu Ayla Turbo pernah ditampilkan di GIIAS 2018. Sri Hartono, Research & Development, Product Planning Specialist PT Astra Daihatsu Motor menuturkan kalau mobil konsep tersebut merupakan sebuah inovasi dari tim R&D PT Astra Daihatsu Motor.

Kapan mobil ini akan mass production? “Tunggu tanggal mainnya. Yang jelas ini merupakan salah satu buah karya anak bangsa, dan eksistensi R&D terbesar di Indonesia,” ujar Sri Hartono.

Infonya, Ayla Turbo dapat menghasilkan tenaga hingga 200 horsepower dan torsi maksimal sebesar 242 Nm. Bandingkan dengan tenaga Ayla 1.2 standar yang 86,7 horsepower dan torsi 108 Nm.


Dari tampilan di atas, perbedaan tampak dari penambahan wide body kit mencakup custom sideskirt, custom front and custom rear bumper. Meredam kebuasan tenaga dipasang cakram dengan kaliper 4 piston di semua rodanya. Rodanya sendiri mengandalkan material alloy yang ringan tapi kuat.


Di mobil konsepnya, pada area interior, panel indikator nampak didominasi layar LCD dengan tambahan roll bar di kabin bagian belakang. Tentunya bila jadi produk massal, roll bar ini bakal absen.


So, kita tunggu saja kemunculannya.


Naskah: Nugroho Sakri Yuniarto

Foto: Astra Daihatsu Motor