• Editor

Dealer Motor Mulai Layani Pelanggan Dengan Protokol Kesehatan New Normal


  • Pelanggan yang datang ke Wahana Motor dilayani dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pemerintah mulai mencoba memberlakukan protokol New Normal , terkait pandemi Covid-19. Namun sejumlah pihak tampaknya tidak mau terlalu mengambil risiko. Seperti yang dilakukan PT. Wahana Makmur Sejati (WMS).

Distributor utama motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang itu mengaku siap melayani pelanggan, lewat standar protokol kesehatan yang ketat. Dengan tetap memungkinkan dealer dan jaringan AHASS-nya beroperasi secara terbatas.

  • Pelanggan yang menanyakan unit motor dilayani oleh petugas yang menggunakan APD yang mengacu pada protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaannya, seluruh karyawan yang melayani langsung pelanggan wajib menggunakan masker, face shield (pelindung wajah), dan sarung tangan. Di samping itu juga dilakukan penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga pembersihan berkala beberapa fasilitas di showroom dan AHASS.


“Untuk memberi jaminan kesehatan dan kenyamanan pelanggan, Wahana berlakukan protokol tetap (protap) kesehatan wajib yang dilakukan di jaringan dealer dan AHASS. Dipastikan seluruh fasilitas di showroom dan AHASS sesuai standar kesehatan,” jelas Diana Anggraini, Group Head of Corcom Wahana, Selasa (9/7).

  • Pelanggan yang ingin servis motor wajib diukur suhu tubuhnya menggunakan thermogun.

Sejak awal masuk showroom atau AHASS, petugas sekuriti lengkap dengan pengaman kesehatan akan mengajak pelanggan mencuci tangan dan memakai masker. Selanjutnya pelanggan juga diperiksa suhu tubuh, dan dipersilahkan menggunakan hand sanitizer yang tersedia.


Terkait unit motor pelanggan di AHASS, sebelum dan sesudah melakukan perawatan, akan dilakukan pembersihan. Mekanik yang menangani juga menggunakan masker, sarung tangan serta kacamata pelindung.

  • Pelanggan yang melakukan servis di AHASS Wahana selama menunggu juga diberlakukan standar protokol kesehatan dengan jaga jarak.

Pengaturan kursi ruang tunggu berjarak satu meter, baik di showroom maupun AHASS. Wahana juga mengimbau pelanggan melakukan pembayaran secara non tunai, melalui aplikasi e-money ataupun debet.

  • Unit motor Honda yang didisplay juga selalu dikontrol kebersihannya menggunakan cairan disinfektan.

Fasilitas di showroom dan AHASS, seperti toilet dan beberapa tempat lain, juga akan rutin disemprot cairan disinfektan. Tak hanya itu, seluruh unit motor display juga dibersihkan berkala dengan cairan pembersih. Sehingga aman bagi pelanggan saat melihat dan menyentuhnya.


Teks: Wave

Foto: Wahana Motor