• Editor

DFSK Glory i-Auto Intelligent: Midsize SUV Seharga Compact SUV


Infinite Starlite Grille membuat tampangnya keren dan mewah.


DFSK Glory i-Auto melengkapi jajaran model SUV yang diproduksi PT Sokonindo Automobile setelah model 580 dan 560. Menyandang status sebagai flagship model, Glory i-Auto dipasarkan dalam dua pilihan varian, Prime dan Intelligent. Unit berwarna Elegant White yang kami coba ini merupakan varian Intelligent yang merupakan varian tertinggi. Harganya Rp 347.750.000 (OTR Surabaya).

Buritan masih identik dengan Glory 580 yang menjadi basisnya.


Dari sisi harga, SUV ini bersaing dengan Wuling Almaz, Honda HRV 1.5, Kia Seltos dan Hyundai Kona. Sementara kalau dari sisi kategori dan kelengkapan fitur ia bersaing dengan sesama midsize SUV bersasis monokok seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, Mazda CX-5, atau Renault Koleos.  Jadi bisa dibilang, Glory i-Auto merupakan midsize SUV seharga compact SUV.


Ikuti terus ulasan DFSK Glory i-Auto Intelligent yang akan kami kupas secara beseri, termasuk bagaimana impresi berkendaranya.

Tampang Keren

Glory i-Auto bukan yang pertama mengadopsi gril model Infinite Starlight Design. Desain gril seperti ini pertama kali muncul di line up Mercedes-Benz kekinian yang diproduksi mulai tahun 2017-2018. Anyway, dipadukan dengan desain headlamp sipitnya menghasilkan tampang depan yang super mewah dan keren.

Foglamp saat tidak dinyalakan akan berfungsi sebagai cornering light yang akan membantu penerangan lampu utama mengikuti arah gerakan roda.


Semua lampu di haluan sudah mengadopsi teknologi LED. Mulai lampu utama, foglamp sampai sein yang bahkan dijejali mode sekuensial sehingga saat diaktifkan nyalanya akan merambat seperti kepunyaan Lexus atau Audi. Teknologi LED juga dijejalkan pada lampu belakang. Tak terkecuali lampu sein dan lampu plat nomor. Hanya foglamp belakang yang disisakan menggunakan bohlam biasa.

Melaju santai di jalan tol mengandalkan fitur cruise control.


Pancaran sinar yang dihasilkan headlamp-nya sebenarnya terang, namun sebarannya kurang merata. Ada area kosong di antara pancaran cahaya yang dihasilkan headlamp sisi kanan dan kiri. Selain itu, arah sinar dari headlamp di sisi kanan lebih jauh ketimbang arah sinar yang dihasilkan headlamp sisi kiri. Arah pancarannya seperti belum disesuaikan untuk penggunaan left hand traffic.

i-Talk

Glory i-Auto dibekali fitur intelligent voice command yang dinamakan i-Talk. Fitur ini akan merespon perintah pengemudi secara realtime sehingga akan membantu pengemudi untuk selalu fokus pada kondisi jalan. i-Talk dapat diaktifkan dengan mengatakan “Hi Glory” atau menekan tombol di kemudi.

Setir berlapis kulit dengan diameter lingkar setir yang pas sehingga nyaman digenggam.


Perintah yang dapat dijalankan di antaranya menjawab atau menolak panggilan telepon, mengaktifkan entertainment system seperti menghidupkan/mematikan musik, memainkan musik melalui Bluetooth, memainkan musik sebelum/sesudahnya. Membuka/menutup navigasi, mengontrol fungsi AC/climate control dan mengontrol fitur pada kendaraan seperti membuka/menutup sunroof atau jendela. Ada lebih dari 100 perintah yang dapat dieksekusi sistem voice command-nya. Namun semua perintah dilafalkan dalam bahasa inggris ya.


Fitur ini langsung aktif begitu head unit on. Butuh waktu sekitar 2-3 menit buat headunit untuk turn on begitu mesin dihidupkan. Setelah hidup butuh beberapa waktu lagi bagi sistem voice command untuk mengenali perintah suara. Sehingga kalau kalian ingin buru-buru menghidupkan AC akan lebih cepat dengan menggunakan tombol shotcut di dasbor.

Remote Pintar

Bentuk lampu belakang dan LED bar-nya seperti kepunyaan Audi Q3.


Selain untuk mengakses kunci pintu dan starter, fitur remote yang dimiliki i-Auto juga tergolong canggih. Dengan menekan lama tombol unlock , selain kunci pintu membuka juga akan membuka seluruh jendela.  Cukup membantu bila mobil terparkir di pelataran parkir terbuka di siang hari yang terik. Dengan membuka semua jendela, hawa panas yang terperangkap bisa segera keluar.

Sudut doortrim dilengkapi lampu yang berfungsi menginformasikan pengendara di belakang jika pintu sedang terbuka.


Bila seluruh jendela dalam kondisi terbuka atau tidak rapat, cukup tekan tombol lock lebih lama. Seluruh jendela akan menutup. Lalu remote juga dapat digunakan untuk membuka bagasi. Caranya tekan 3 kali tombol di remote yang bergambar pintu bagasi dan lakukan langkah yang sama untuk menutupnya.


Selain lewat remote, pintu bagasi juga dapat dibuka dengan gerak ayunan kaki. Sebuah fitur yang saat ini hanya menjadi kelengkapan standar di mobil-mobil premium.


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online