• Editor

Dipersenjatai Sayap Baru, Skuad Ducati Tampil Mengerikan!

Empat pembalap Ducati kuasai Tes Sepang hari ke-3 (final).
Dengan sayap baru, Danillo Petrucci berhasil membuat catatan waktu tercepat yang pernah dibuat di sirkuit Sepang.

Luar biasa! Hari ketiga atau terakhir tes Sepang hari ini (08/02) diisi dengan gempuran skuad Ducati yang tampil trengginas. Bayangkan saja, Danillo Petrucci, tandem baru Andrea Dovizioso di tim pabrikan Ducati berhasil membuat catatan waktu tercepat yang pernah dibuat di sirkuit kebanggaan Malaysia ini, 1 menit 58.239 detik!

Francesco Bagnaia tampil mencengangkan dengan menempati urutan kedua tercepat.

Di posisi kedua, ada Francesco Bagnaia, pembalap Pramac Ducati dengan selisih waktu 0.063 detik saja. Disusul kemudian oleh Jack Miller, juga rider tim satelit Ducati, yang terpaut 0.127 detik. Sementara di urutan ke-4 ada Andrea Dovizioso dengan selisih waktu 0.299 detik.

Jack Miller saat melibas trek lurus Sepang.

Dari perbedaan waktu yang sangat tipis ini bisa dilihat betapa merata dan kompetitifnya kekuatan tim setan merah ini. Dan ini sekaligus membuktikan potensi kehebatan fairing baru Ducati yang baru dicoba pada hari ketiga ini.

Andrea Dovizioso justru tempati urutan ke-4 tercepat.

Hal ini tentu mengejutkan awak media. Sebab sebelumnya saat launching tim, pimpinan tim Ducati MotoGP, Gigi Dall’Igna mengatakan sayap baru hasil revisi yang berfungsi sebagai fairing ini baru akan dicobakan di tes Qatar. Namun pagi hari tadi tiba-tiba saja pihak Ducati menginfokan pada media bahwa uji coba dimajukan untuk mendapat data lebih awal.


Dari motor yang dipakai Dovi saat pertama kali turun ke sirkuit, tampak desain baru fairing ini mempunyai 6 bagian sayap kecil. Tiga sayap bertumpuk masing-masing ada di bagian samping motor.

Hanya Maverick Vinales yang mampu mendekati skuad Ducati.

Selain Ducati, hari ini Yamaha juga mencoba fairing baru. Sementara Suzuki dan KTM sudah lebih dulu memperkenalkannya minggu ini. Dengan demikian, tinggal Honda dan Aprilia yang belum memamerkan desain baru fairing motornya.

Desain fairing memang sangat penting musim ini, seiring diberlakukannya aturan baru yang melarang dipakainya modular systems.

Marc Marquez semakin terpuruk di bawah karena pundaknya belum bisa tampil maksimal.

Kembali ke posisi pembalap tercepat. Maverick Vinales yang semula konsisten berada di urutan tiga besar, dan bahkan sempat tercepat di hari kedua, pada tes kali ini menempati urutan ke-4. Masih cukup kompetitif dalam menandingi pasukan Ducati. Sementara itu Marc Marquez yang sempat tampil tercepat terus menurun performanya, hingga kali ini hanya menempati urutan ke-11. Di bawahnya ada pembalap Suzuki, Alex Rins yang kali ini juga tampil kurang maksimal.

Foto: MOTOGP.COM


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online