• Editor

DQ Motor Trail Shop: Utamakan Pertemanan Ketimbang Bisnis


Bengkel dan toko khusus motor trail di kawasan Jl. Ketintang Baru Selatan ini juga adalah tempat berkumpulnya komunitas penggemar motocross dan trail adventure di Surabaya dan sekitarnya. Sebab menurut Jannal Sung selaku pemilik, DQ Motor Trail Shop ini pertama kali didirikan tahun 2004 lalu, justru untuk menunjang hobinya ngetril dan trabasan bareng teman-temannya.


“Dulu sangat sulit cari spare parts. Bengkel yang khusus menangani motor trail juga hampir tidak ada. Dari sini saya punya pemikiran, kenapa enggak sekalian saja bikin bengkel dan toko motor trail,” buka pria kelahiran Merauke tahun 1979 yang doyan menekuni olahraga off-road sejak 2002 ini.


Karena ditujukan untuk senang-senang, maka Jannal mengaku DQ Motor Trail Shop ini tidak business oriented. “Sebab komunitas trail itu orangnya ya hanya itu-itu saja. Di mana-mana pasti ketemu. Karena itu saya paling tidak suka kalau ada teman yang tidak puas dan terus ngerasani,” serius Jannal. “Lebih baik, untung tipis atau bahkan rugi, tapi semua puas. Toh toko saya juga jualan spare parts untuk menutup biaya operasional bengkel.”


Karena konsisten mengedepankan pertemanan, Jannal justru mengaku sering mendapat kerjaan dari teman-temannya. Ambil contoh ketika Motor Plus berkunjung ke bengkel ini. Di situ terlihat ada beberapa unit Kawasaki KLX 150 baru yang sedang diutak-atik oleh mekanik.


“Kami diminta teman yang ada di PT Surapita Unitrans (dealer Kawasaki) untuk menyiapkan motor-motor itu buat kepentingan test ride,” jelas Jannal.


Ada juga motor trail modifikasi berbasis Honda Megapro. “Kalau itu punya teman yang ada di dealer Honda Aries Putra Motor Nganjuk. Dia pengin modif karena waktu itu belum ada CRF ,” tunjuk Jannal.


Nah khusus untuk modifikasi ini, Jannal mengaku tidak suka dengan sistem paket. Sebab menurutnya, range harga spare parts aftermarket dan variasi motor trail itu sangat lebar karena banyak ragam dan kualitasnya.


“Sebut saja untuk setang atau setir. Harganya ada yang Rp 80 ribu saja, hingga yang mahal tembus Rp 2 juta pun ada. Jadi supaya konsumen tidak merasa dirugikan atau ditipu, saya lebih suka buatkan list spare parts atau variasi yang ingin dipasang. Dari sini kemudian baru totalan,” jelas Jannal sambil memberi ancer-ancer biaya jasa modifikasi saja ada di kisaran Rp 4 juta, dengan waktu pengerjaan 1 bulan, atau menyesuaikan pesanan.


Sementara untuk biaya servis perawatan ringan, Jannal kasih ongkos Rp 75 ribu saja. “Kalau servis kerusakan ya harus dilihat dulu seberapa parah,” tutup pria jebolan Jurusan Teknik Mesin UK Petra Surabaya itu.


DQ Motor Trail Shop

Ruko Lotus Regency Blok D2, Jl. Ketintang Baru Selatan 1/62

Telpon: 031-8299075

Cek Stock / Order: 08123251768 / 081249964131

WA 081380844010

IG: dqmotortrailshop


Naskah & Foto: Indramawan