• Editor

Eksklusif: Melihat dari Dekat Rolls Royce Black Badge Ghost yang Super-Mewah!

Siapa sangka di balik sosok aristokratnya, Rolls Royce Black Badge Ghost diciptakan buat mereka dengan jiwa pemberontak...

OTOPLUS-ONLINE mendapat kesempatan eksklusif hadir di event Preview Black Badge Ghost pada 23-24 Juli 2022 lalu


OTOPLUS-ONLINE I Rolls Royce Black Badge Ghost merupakan mobil Black Badge paling murni dan berteknologi paling canggih.


Rolls Royce memulai debut Black Badge dengan Wraith dan Ghost pada tahun 2016. Diikuti Dawn (2017) dan Cullinan (2019).

Preview Black Badge Ghost digelar oleh Rolls Royce Motor Cars Jakarta hanya untuk media undangan dan konsumen terbatas


Black Badge Ghost merupakan jawaban untuk kelompok klien yang Rolls Royce sebut Post Opulent dengan jiwa pemberontak yang menyukai minimalisme dan substansi material.


Baca juga: BMW i8 Roadster: Komparasi Mobil Listrik Hibrida dan Mobil Listrik Murni


Model Black Badge juga performance oriented. Prinsipnya Black Badge Ghost akan mencerminkan sisi gelap Post Opulent yang minimalis dan ekstremis.

Mobil ini merupakan simbol puncak dari produk super-mewah baru


Ciri alter ego Rolls Royce yakni tegas, dinamis, kuat. Sementara warna hitam sudah lama diasosiasikan dengan kekuasaan, kekuatan dan otoritas. Hitam juga dapat mewakili elegan dan kepercayaan.


Baca juga: Komparasi Tiga Jagoan SUV Coupe Eropa: Mana Paling Menggoda?


“Post Opulent minimalis telah menyusun kembali legenda Ghost dengan penerapan warna hitam,” ungkap Torsten Muller-Otvos, Chief Executive Officer, Rolls Royce Motor Cars.

Dikemas dengan acara makan siang di de Soematra, jalan Sumatra 75 Surabaya


Atas undangan Rolls Royce Motor Cars Jakarta, OTOPLUS-ONLINE mendapat kesempatan eksklusif hadir di event Preview Black Badge Ghost yang diperuntukkan hanya untuk undangan media dan konsumen terbatas pada tanggal 23-24 Juli 2022 lalu.

I Made Sujana, Sales Manager Rolls Royce Motor Cars Jakarta


I Made Sujana, Sales Manager Rolls Royce Motor Cars Jakarta menjelaskan dengan teliti dan mendetail setiap sudut mobil yang diproduksi secara handmade di Goodwood, Inggris ini.


Uraian penjelasannya kami sampaikan dalam keterangan foto-foto berikut ini:


Rolls Royce Black Badge Ghost


Warna Signature Black di Black Badge Ghost merupakan warna hitam paling gelap di industri mobil. Permukaan itu didapat dari cat seberat 100 pon (45 kilogram) diatomisasi dan diaplikasikan ke bodi bermuatan elektrostatis berwarna putih sebelum dikeringkan dengan oven. 
Cat itu kemudian dilapis dua lapis clear coat sebelum dipoles dengan tangan oleh tim yang terdiri dari 4 pengrajin untuk menghasilkan hasil akhir black piano yang mengilap sempurna. 
Sebenarnya customer bebas memilih dari 44.000 warna siap pakai atau membuat warna milik mereka sendiri.


Coachline yang dilukis dengan tangan berkontras tinggi


Pantheon Grille dikrom dengan proses pelapisan krom tradisional menggunakan elektrolit krom khusus yang diendapkan bersama substrat baja tahan karat yang menggelapkan lapisan akhir. 
Ketebalan lapisan akhir krom hanya satu mikrometer atau sekitar seperseratus lebar rambut manusia. 
Gril juga komponen black chrome lainnya kemudian dipoles secara presisi dengan tangan untuk mencapai lapisan krom hitam seperti cermin sebelum dipasang ke mobil.


Pelek komposit 21 inci yang didesain khusus oleh House Style Black Badge ini terbuat dari perpaduan serat karbon, forged aluminum dan titanium. 
Tentunya Floating Hubcap ciri khas RR memastikan monogram RR tetap tegak setiap saat


Bagasi berlapis karpet wol tebal yang lembut


Sill plate dengan simbol lemniscate ciri khas Ghost


Masuk ke interior seperti memasuki kabin suite, interiornya berbalut kulit Turchese


Headliner berhias LED yang membentuk Shooting Star Starlight


Lemniscate, simbol matematika yang mewakili potensi tak terhingga ini terpampang pada veneer yang biasa disebut waterfall karena letaknya yang seperti air terjun. 
Simbol itu dibuat dari lembaran aluminium dengan kualifikasi dirgantara yang kemudian ditanam di antara lapisan ketiga dan keempat dari enam lapisan pernis halus yang melapis panel serat teknis tersebut sehingga terkesan mengambang


Mini refrigerator untuk menyimpan minuman dingin atau sampanye


Tray table dan infotainment screen untuk masing-masing penumpang belakang


Panel serat teknikal dan detail logam berlapis krom menghadirkan kesan super mewah


Kenop putar untuk mengontrol layar infotainment seperti di BMW


Sistem audio 600 watt dengan amplified 10 kanal, 16 spiker dan sepasang subwoofer


Payung ini seharga US$700 atau sekitar Rp10 juta rupiah


Model Rolls Royce yang paling driver oriented dibandingkan model lainnya



Floor mat dari domba berbulu hitam yang tebal dan lembut


Desain arloji Black Badge yang minimalis dan dramatis mewakili karakter Post Opulent


Illuminated Fascia yang mengapit arloji ini merupakan debut pertama Rolls Royce yang dipasangkan di Ghost. 
Menampilkan simbol Lemniscate bercahaya halus yang seolah dikelilingi oleh 850 bintang yang konstelasi dan motifnya tidak akan terlihat ketika lampu interior mati. 
Motif lemniscate diterangi dengan 152 LED yang dipasang di atas dan di bawah fasia dimana masing-masing serasi dengan jam kabin dan pencahayaan dial instrumen. 
Untuk memastikan lemniscate nyala merata, panduan cahaya setebal 2 mm digunakan untuk menampilkan lebih dari 90.000 titik ukiran laser. 
Di bawahnya berupa panel serat teknikal ini dibuat melalui proses yang rumit. Kayu Bolivar berwarna hitam digunakan sebagai pondasi untuk lapisan serat teknis di atasnya. 
Serat teknis itu sendiri dibuat dari daun yang ditenun dari karbon berlapis resin dan benang berlapis logam kontras yang diletakkan dalam pola berlian yang diaplikasikan ke komponen secara sempurna menggunakan tangan. 
Untuk memastikan kesempurnaannya, komponen veneer dikeringkan selama satu jam dibawah tekanan tinggi pada suhu 100 derajat Celsius. 
Selanjutnya panel tersebut di-sandblasting sehingga permukaannya dapat mengikat 6 lapisan pernis dengan sempurna. 
Lapisan pernis kemudian diampelas dan dipoles dengan tangan sebelum dipasang ke mobil.


Ventilasi udara di dasbor dan kabin belakang digelapkan menggunakan pengendapan uap fisik, salah satu dari sedikit metode pewarnaan logam yang memastikan bagian tidak akan berubah warna atau ternoda seiring waktu atau penggunaan berulang


Jok berlapis kulit Turchese


Mesin 6,75 liter twin-turbocharged menghasilkan tenaga ekstra 29 ps atau 28,6 dk sehingga total outputnya jadi 600 ps atau 592 dk. 
Torsinya naik 50 Nm jadi 900 Nm. Diumpan ke transisi ZF 8 percepatan untuk kemudian ditransfer ke keempat rodanya. Torsi 900 Nm tersedia sejak 1.700 rpm.


Tombol Low ini sebenarnya lebih tepat disebut Aristocrats Sport Button. Saat diaktifkan akan membuat tak hanya membuat perpindahan gigi berubah 50% lebih cepat ketika throttle ditekan hingga 90% tapi juga membuat suara mesin terdengar lebih bergumam di putaran bawah


Kunci karakter kuat Rolls Royce Black Badge Ghost adalah Architecture of Luxury,arsitektur spaceframe all-aluminium milik Rolls Royce yang memulai debutnya di Phantom. 

Sub-struktur ini tidak hanya memberikan kekauan bodi yang luar biasa, tetapi fleksibilitas dan skalabilitasnya memungkinkan Ghost dilengkapi dengan penggerak semua roda, kemudi empat roda dan sistem suspensi Planar. 

Kualitas teknik ini lantas direkayasa ulang secara komprehensif termasuk pemasangan pegas udara dengan volume lebih banyak untuk bagian belakang untuk mengurangi body roll di tikungan. 

Sistem suspensi terhubung dengan GPS sehingga suspensi dapat menyesuaikan setup sesuai medan yang akan dihadapi sebelum melewatinya.

Untuk meningkatkan respon pengemudi pada sistem rem, titik gigitan pengereman dinaikkan dibarengi dengan pengurangan pada jarak main pedal rem.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Rolls Royce Motor Cars