• Editor

FDR Hover Ban Dual Purpose Terbaru untuk Beragam Lintasan


"FDR Hover cocok untuk pengendara yang sehari-hari melewati berbagai kondisi medan jalan.” (Elsafan Rendianto - FDR Promotion Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries).

Teknologi ban bermacam-macam, di antaranya ban berteknologi dual purpose. Dan FDR Tire, salah satu merek ban berkualitas produksi tanah air, baru saja meluncurkan ban dual purpose terbaru yang mereka namakan FDR Hover.


Ban dual purpose yang baru saja dihadirkan FDR ini mempunyai spek yang dapat diajak untuk melewati medan menantang, maupun dibawa nge-grip di jalan beraspal.


"FDR Hover cocok untuk pengendara yang sehari-hari melewati berbagai kondisi medan jalan,” kata Elsafan Rendianto, FDR Promotion Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI).


Dikatakan Rendi, sapaan akrabnya, Hover punya kembangan blok horizontal yang berguna untuk memberikan traksi saat melewati medan offroad. Kembangan yang lebar dan dalam membuat tanah dan kerikil mudah lepas, tanpa harus berlama-lama menempel di ban.


“Bentuk kembangan blok lancip (taper block) menambah kokoh ban FDR Hover,” ujar Jimmy Handoyo, FDR Technical Service & Development Dept. Head PT SRI.


Menurut Jimmy, blok kembangan tengah yang besar membuat ban FDR Hover punya daya cengkeram dan stabilitas yang baik saat di jalan aspal, serta efisiensi dalam pengereman.


“Hover juga menggunakan intermediate compound. Fungsinya adalah untuk menciptakan daya cengkeram yang lebih optimal ke aspal,” kata Jimmy.


Tak hanya itu, Hover juga menggunakan multistep pattern untuk mengurangi abnormal abrasi dan menambah grip. Serta side groove atau kembangan di sisi luar tapak ban, untuk menambah traksi saat cornering.

Continues groove juga menjadikan drainase air pada ban FDR Hover lebih optimal.


Selain itu, continues groove juga menjadikan drainase air Hover lebih optimal. Ban FDR Hover sudah dilengkapi progresif TWI, indikator tingkat keausan ban yang lebih mudah terprediksi.


Dual purpose Hover tersedia dalam ukuran 80/90-14 TL, 90/90-14 TL dan 100/90-14 TL. “Rencananya Hover juga akan mengeluarkan ukuran rim 13 dan 17 inchi,” tambah Rendi.


Mengenai harga, ban FDR Hover ukuran 80/90-14 seharga Rp196.000, ukuran 90/90-14 dipatok harga Rp230.000 dan Hover ukuran 100/80-14 dihargai Rp275.000

Ban FDR Hover dipasangkan pada motor modifikasi garapan salah satu bengkel di Jakarta.


Menandai peluncuran Hover yang termasuk dalam kelompok ban FDR Ultimate, karena menggunakan intermediate compound, FDR menempatkannya pada salah satu motor modifikasi garapan sebuah bengkel di Jakarta.


“Hasil motor modifikasi garapan Atenx Katros dan timnya di Katros Garage, yang menggunakan ban FDR Hover, bisa ditonton di akun Youtube fdrtire,” tutup Rendi.


Teks: Setiawan AS

Foto: FDR Tire