• Editor

Fitur GPS di Peugeot 3008 dan 5008 SUV Ini Bebas Biaya Bulanan


Fitur navigasi telah terintegrasi di semua kendaraan Peugeot terbaru.


Secara umum GPS berperan untuk memberikan informasi lokasi secara detail, disertai dengan rute-rute plus navigasi yang akurat untuk mencapai lokasi tujuan. Keberadaan fitur navigasi pada kendaraan makin tak terpisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari.


Semakin banyak pabrikan mobil yang menjadikan fitur ini sebagai bagian yang terintegrasi pada instrumen atau infotainment screen yang terdapat di kendaraan. Salah satunya pabrikan Peugeot yang menyematkan teknologi GPS terintegrasi ini pada model 3008 dan 5008 yang dijual di Indonesia.

Fitur navigasi jadi fitur vital yang dibutuhkan saat ini.


Dengan navigasi terintegrasi dengan teknologi i-Cockpit yang sudah dikembangkan Peugeot sejak 2010, penggunaannya menjadi lebih mudah, aman, dan efisien jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi navigasi pada smartphone. Apalagi i-Cockpit® jadi simbol serta komponen DNA penting dari Peugeot. Keunggulannya terdapat GPS Mobile pada Digital Instrument Cluster atau layar informasi kendaraan berbentuk digital dengan ragam konfigurasi dan animasi.

Teknologi i-Cockpit di Peugeot, mengintegrasikan informasi kendaraan dengan sistem navigasi.


Melalui layar tersebut pengemudi biasa membaca indikator kecepatan, putaran mesin, tegangan baterei, indikator bahan bakar hingga lampu tanda peringatan. Namun dengan penambahan fitur navigasi yang tampil di area center diharapkan para driver tetap fokus dalam berkendara.


Untuk mengaktifkan, driver cukup memutar tombol konfigurasi yang terdapat pada steering wheel sebelah kiri. Sedangkan untuk menentukan arah tujuan atau men-setting fitur ini, driver bisa memanfaatkan layar video screen di i-Cockpit® yang posisinya sangat mudah dijangkau jari tangan.

Navigasi di Peugeot dikembangkan bersama TomTom, memuat detail peta negara-negara Asia termasuk alamat-alamat jalan di Indonesia.


“Fitur Navigation di mobil Peugeot Free, karena sudah terintegrasi oleh sistem pabrikan yang bekerjasama dengan TomTom. TomTom merupakan sebuah perusahaan pemetaan asal Eropa khusus mengembangkan peta-peta navigasi. GPS Tomtom juga sudah dilengkapi dengan peta negara-negara Asia termasuk Indonesia,” kata Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.

Pengemudi dengan mudah mengaktifkan melalui tombol konfigurasi di sisi kiri setir.


Kelebihannya, perangkat GPS mobile tidak dikenakan biaya bulanan. Berbeda dengan smartphone yang harus membayar biaya bulanan untuk kuota dan bergantung pada daya baterai


Saat ini fitur GPS Mobile di i-Cockpit® Peugeot terpasang di 3008 & 5008 SUV Allure Plus. Sedangkan pada Peugeot 3008 & 5008 SUV GT-Line, fitur GPS memanfaatkan fitur Apple Car Play dan Android Auto. Teknologi ini bisa memanfaatkan smartphone berbasis operation system Android dan iOS,” terang Samsudin.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto