• Editor

Full Hydraulic Steering Made In Kudus Ini Digaransi Seumur Hidup!


  • Full hydraulic steering berlabel BSR Fabrication dibuat di Kudus dan dijual dengan harga jauh lebih murah dari produk impor. Garansi seumur hidup!

Hampir semua kendaraan roda empat saat ini sudah dibekali power steering untuk meringankan pengemudi saat membelokkan roda kemudi. Lalu apakah Full Hydraulic Steering System ini?


Fungsinya hampir mirip power steering, hanya saja teknisnya yang berbeda. Peranti ini lebih familiar di dunia balap offroad. Full Hydraulic Steering jadi andalan offroader untuk melibas trek dengan berbagai kondisi.

  • Full Hydraulic Steering pada salah satu mobil offroad garapan Dian.

Nah yang sudah-sudah nih, para offroader Tanah Air pasang Hydraulic Steering bikinan pabrikan luar negeri. Namun ternyata, belakangan juga beredar peranti racikan lokal. Tepatnya dari Kudus, Jawa Tengah.


Adalah Dian Kurniawan, modifikator yang membikin Full Hydraulic System ala Kudus ini. "Terilhami dari peranti yang sudah ada, saya pelajari sistem kerjanya dan coba membuatnya sendiri", terang Dian, sapaan akrabnya.

  • Tabung hidraulic, oil pump, tabung oil reservoir semua dibuat sendiri di bengkel.

Semua part, mulai dari tabung, as, oil pump sampai baut-baut diproduksi sendiri oleh Dian di bengkelnya yang berada di daerah Jepang (ehh... ini nama sebuah desa di wilayah Kudus loh, bukan di luar negeri sana).


Full hydraulic steering racikan Dian yang diberi label BSR Fabrication ini memiliki sistem mekanis yang sama dengan peranti impor. Prinsipnya, roda depan digerakkan tenaga hidrolik sehingga putaran roda kemudi jadi lebih ringan. Disamping itu, bila roda terkena batu atau lubang, setir akan tetap stabil, karena getaran tidak akan terasa sampai ke kemudi.

  • Oil cooler redam panas saat sistem bekerja.

Nah sekarang soal harga nih. Produk impor biasanya dibanderol di kisaran Rp 30 - 40 juta. Itu belum ongkos pasangnya yang kira-kira Rp 3 - 4 jutaan. Sedangkan untuk satu set full hydraulic steering racikan Dian ini hanya ditawarkan Rp 25 juta apabila pasang sendiri, dan Rp 28 juta apabila plus pasang.


Menariknya lagi, Dian juga memikirkan layanan purna jual dengan memberikan garansi. Untuk part, Dian memberikan garansi 1 tahun. Sedangkan untuk garansi service nya seumur hidup. Wow...


BSR Fabrication

Ds. Jepang Rt. R Rw 4 No, 01Kudus

Cp. 0822 4362 5105


Baca juga: Cheeroke Country 1995: Mobil Balap Pertama


Teks & Foto: dJansen